Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Parpol Deklarasi Blok Perubahan

Kompas.com - 25/02/2009, 17:25 WIB

JAKARTA, RABU — Dua belas partai politik peserta pemilu mendeklarasikan Blok Perubahan, Rabu (25/2), di Hotel Manhattan, Jakarta Selatan. Dua belas parpol tersebut adalah PPRN, Partai Demokrasi Kebangsaan, PSI, PKNU, PNBK, PPPI, Partai Kedaulatan, Partai Pelopor, Partai Hanura, PBR, PDS, dan Partai Matahari Bangsa. Deklarasi dihadiri beberapa ketua umum dan perwakilan partai-partai tersebut.

Rizal Ramli, yang telah mendeklarasikan diri sebagai presiden, turut berada dalam barisan Blok Perubahan. Ia mengatakan, blok itu dibentuk untuk melakukan perubahan agar Pemilu 2009 tidak sekadar pergantian penguasa yang tak berimbas kepada rakyat.

"Langkah Blok Perubahan ini memetakan secara jelas, mana kekuatan pro perubahan, dan mana kelompok status quo," ujar Rizal.

Ia membantah bahwa blok ini untuk menyaingi dua kubu yang sudah ada selama ini, SBY dan Megawati. "Kami tidak bermaksud untuk bersaing dengan siapa pun, tapi sungguh-sungguh ingin ada perubahan," kata Rizal.

Sementara itu, Ketua Umum PNBK Eros Djarot mengatakan, partai-partai lama yang berkuasa saat ini dinilai gagal. "Kegagalan partai lamalah yang mendesak kita membuat perubahan. Pemilu bukan sekadar pergantian kekuasaan, tapi juga harus membawa perubahan," ujar Eros.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com