Salin Artikel

Usut Korupsi Bansos, KPK Panggil Supervisor Distribusi PT BGR Drive Kupang

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggi pimpinan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics hingga sejumlah Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Diketahui, KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyaluran beras bantuan sosial (Bansos) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kementerian Sosial (Kemensos) RI Tahun 2020-2021.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, di antara saksi tersebut adalah Supervisor Distribusi PT BGR Drive Kupang.

“Pemeriksaan dilakukan di Kantor Polresta Serang Kota, Jalan Ahmad Yani Nomor 64, Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten,” kata Ali dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

Kemudian, KPK juga memeriksa 7 orang lain. Mereka antara lain, Koordinator Wilayah 1 PKH Nusa Tenggara Timur (NTT), Polikarpus Meo Teku.

Kemudian, Koordinator Pendamping KPM PKH Kabupaten Serang 2020 sampai dengan Maret 2021, Hikmatussobri dan Koordinator Kabupaten Tangerang tahun 2020, Muhidin.

Selanjutnya, empat orang pendamping PKH bernama Kristianus Karo, Erti Vertiana Selan, Nurul Falah Citra, dan Ida Roswita Hasan.

Ali belum membeberkan materi pemeriksaan tersebut. Namun, sejauh ini KPK telah mengkonfirmasi bahwa kasus dugaan korupsi penyaluran beras Bansos PKH itu terkait PT BGR Logistic.

Pada saat yang sama, ia membenarkan Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), M Kuncoro Wibowo yang baru saja mengundurkan diri dicegah keluar negeri karena terkait dengan kasus ini.

“Betul, yang bersangkutan dicegah terkait penyidikan baru (penyaluran beras bansos) dimaksud," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu.

Dalam catatan Kompas.com, Kuncoro merupakan Direktur Utama PT BGR Logistic pada 2020 lalu.

Pada 3 November 2020, Kuncoro menyebut BGR Logistics telah menyalurkan Bansos beras 222.070.230 Kilogram (Kg) kepada 4.934.894 KPM-PKH di seluruh wilayah Indonesia.

PT BGR Logistic merupakan salah satu anak perusahaan PT Perusahaan Perdagangan (Persero), salah satu perusahaan BUMN.

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/15/17501291/usut-korupsi-bansos-kpk-panggil-supervisor-distribusi-pt-bgr-drive-kupang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke