Salin Artikel

Sosok Prabowo Subianto di Mata Fahri Hamzah, Priayi dari Tanah Jawa

Dia menyebut, Prabowo Subianto merupakan priayi lama dari tanah Jawa yang merupakan keturunan orang-orang cerdas di masa lalu.

"Kalau Beliau ini kan anaknya Pak Mitro, Pak Mitro (Soemitro Djojohadikoesoemo) mendirikan fakultas tempat saya kuliah, Fakultas Ekonomi UI," ujar Fahri dalam acara Gaspol Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

Selain itu, Prabowo merupakan cucu dari pendiri Bank Negara Indonesia atau bank pertama negeri ini.

"Pak Margono (Raden Mas Margono Djojohadikoesoemo). Jadi ini (Prabowo) priayi Jawa lama lah ya, cuma dia masuk tentara kan," ucap Fahri.

Dia menilai, Prabowo adalah sosok yang lahir di keluarga yang berpengetahuan tetapi memilih jalan sebagai seorang tentara.

Dari jalan tentara itu, kata Fahri, Prabowo mendapatkan sisi disiplin, loyalis, dan jiwa kepemimpinan.

"Dan yang lebih mengagumkan lagi dia ini bikin partai. Seorang tentara bikin partai dan suskes," ucap Fahri.

"Kan banyak tentara bikin partai kan belum tentu sukses, tapi dia sukses. Dan menurut saya itu suatu rute yang perlu dihargai," ujar dia.

Fahri mengatakan, Prabowo pernah mencari cara lain untuk berkuasa, sudah pernah mencoba waktu dia di Golkar, pernah gabung dengan Megawati sebagai cawapres dan Prabowo setia dengan jalan partai.

"Menurut saya itu perlu dihargai jalan itu, kesetiaan juga pada ide demokrasi, bahwa kalau kita mau membangun kekuasaan dalam demokrasi itu bukan kudeta, tapi kita mendirikan parpol. Sekarang beliau masih jadi pemimpin partai," ujar Fahri.

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/04/12023411/sosok-prabowo-subianto-di-mata-fahri-hamzah-priayi-dari-tanah-jawa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke