Salin Artikel

Tanggal 2 Oktober Hari Memperingati Apa?

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 2 Oktober 2022.

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya dunia tak benda yang berasal dari Indonesia.

Dalam sidang keempat komite antar-pemerintah tentang warisan budaya tak benda yang diselenggarakan UNESCO pada 2 Oktober 2009, batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Non-bendawi di UNESCO.

Selain batik, dalam kesempatan yang sama, UNESCO juga mengakui wayang, keris, noken, dan tari saman sebagai warisan budaya tak benda.

Pemerintah kemudian menetapkan Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan batik Indonesia.

Hari Anti Kekerasan Internasional

Hari Anti Kekerasan Internasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal kelahiran Mohandas Karamchand Gandhi atau dikenal sebagai Mahatma Gandhi.

Hari ini dibuat oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2007. Gandhi menjadi inspirasi ditetapkannya hari ini karena karyanya yang telah banyak memengaruhi aksi protes global terhadap kekerasan.

Gandhi dikenal konsisten menyuarakan ketidakadilan dengan menggunakan kekerasan.

Adanya Hari Anti Kekerasan Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya perdamaian, sikap saling toleransi dan tanpa kekerasan.

Hari Hewan Ternak Sedunia

Hari Hewan Peternakan Sedunia, yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahun bertujuan untuk memberikan pencerahan dan kesadaran tentang perlakuan buruk terhadap hewan.

Hari ini dibuat sebagai bagian dari kampanye Gerakan Hak Hewan Ternak Internasional pada tahun 1983. Perlakuan buruk dan pembantaian hewan ternak merupakan hal yang tak jarang terjadi.

Dibuatnya Hari Hewan Peternakan Sedunia diharapkan dapat mendorong peternak dan pihak yang terlibat lain untuk memperlakukan hewan ternak dengan baik.

https://nasional.kompas.com/read/2022/09/30/04400051/tanggal-2-oktober-hari-memperingati-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke