Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Hak Angket, Gerindra Mulai Lobi Fraksi Lain

Kompas.com - 02/05/2017, 16:59 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fraksi Partai Gerindra telah melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait usulan hak angket yang ditujukan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Komunikasi dilakukan tak hanya dengan partai yang menolak usulan tersebut namun juga kepada partai yang mendukung. Adapun usulan hak angket KPK telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR, Jumat (28/4/2017) lalu.

"Pimpinan fraksi sudah banyak berkomunikasi dalam berbagai bentuk dan kesempatan dengan hampir semua fraksi," kata Juru Bicara Fraksi Partai Gerindra untuk Hak Angket KPK, Sodik Mudjahid melalui pesan singkat, Selasa (2/5/2017).

Namun, Sodik menuturkan pembicaraan tersebut masih dalam tahap awal karena DPR masih dalam masa reses. Sehingga sebagian besar anggota DPR tengah bertugas di daerah pemilihan masing-masing.

(Baca: KPK Berharap 3 Fraksi di DPR Konsisten Tolak Hak Angket)

Terkait hak angket ini, ia menilai masih diperlukan kerja keras untuk melobi fraksi-raksi agar hak angket tersebut dapat dibatalkan.

"Ya masih harus kerja keras. Pertemuan-pertemuan setelah reses mungkin akan memberikan hasil yang lebih jelas," tutur Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.

Namun, sebagai fraksi yang menolak hak angket, Gerindra tak akan mengirimkan wakilnya ke Panitia Khusus. Hal itu telah ditegaskan oleh pimpinan fraksi.

"Pimpinan fraksi tadi siang menegaskan tidak akan kirim wakil ke pansus," tutur dia.

Kompas TV Meski Telah Disetujui, Hak Angket Dinilai Cacat Hukum?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com