Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Lanjutkan Bansos Beras sampai Desember, Jokowi: Kalau Anggaran Memungkinkan, tapi Tidak Janji

Kompas.com - 04/04/2024, 11:53 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah berniat terus melanjutkan bantuan pangan (bansos) beras hingga Desember 2024.

Namun, kelanjutan kebijakan tersebut masih akan tergantung pada ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Nanti kita akan melihat lagi APBN, kalau anggarannya memungkinkan nanti akan diteruskan lagi sampai Desember. Tapi tidak janji ya, karena saya kan buka APBN dulu nanti bulan Juni," ujar Jokowi kepada warga saat mengunjungi Komplek Pergudangan Bulog Manggis, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Kamis (4/4/2024) sebagaimana dilansir siaran pers Sekretariat Presiden.

"Kalau (APBN) dibuka, anggarannya memungkinkan akan diteruskan, tapi kalau tidak memungkinkan ya tidak. Saya ngomong apa adanya lho," katanya lagi.

Baca juga: Momen Seru Jokowi Berburu Takjil Saat Ngabuburit di Jambi

Meski begitu, menurut Jokowi, bantuan beras yang saat ini diterima masyarakat akan dilanjutkan terlebih dulu hingga bulan Juni 2024.

"Ini yang keempat, nanti akan dilanjutkan ke bulan berikutnya sampai bulan Juni," kata Presiden.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan memperpanjang pemberian bantuan beras hingga Juni 2024.

Kebijakan itu diambil setelah Presiden Jokowi menggelar rapat bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju yang membahas soal perpanjangan penyaluran bantuan pangan di Istana Merdeka, Jakarta pada 6 November 2023.

Baca juga: Reaksi Santai Jokowi Saat Ditanya soal Rumor Ingin Rebut Kursi Pimpinan 2 Parpol

Dalam rapat tersebut, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bantuan pangan berupa beras hingga Juni 2024 mendatang.

Adapun bantuan beras diberikan sebanyak 10 kilogram per keluarga penerima manfaat.

Diketahui, bantuan tersebut pertama kali dibagikan pada September 2023.

Baca juga: Momen Unik Saksi di Sidang Sengketa Pilpres: Bawa Karung Beras Berlogo Prabowo-Gibran, Minta Tak Banyak Ditanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com