Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Sengketa Pilpres, Ahli KPU Yakin Sirekap Bebas Virus

Kompas.com - 03/04/2024, 15:09 WIB
Fika Nurul Ulya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pegawai Pusat Data Informasi (Pusdatin) KPU RI Andre Putra Hermawan memastikan tidak ada virus/malware dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU RI.

Hal ini disampaikannya saat dihadirkan sebagai ahli oleh KPU RI dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

"Itu adalah software yang sudah valid, sudah sesuai dengan aturan kebijakan yang ditetapkan oleh berdasarkan aturan keamanan yang ada," kata Andre dalam sidang, Rabu siang.

Ia memastikan, aplikasi dan sistem Sirekap sudah di-upload ke dalam Google sehingga bisa diakses maupun diunduh lewat aplikasi Google.

Baca juga: Kubu Ganjar Minta MK Adakan Sesi Konfrontasi Saksi dan Ahli, Namun Ditolak Hakim

Hal ini kata dia, sama seperti seseorang mengunduh aplikasi lain, antara lain aplikasi peta jalan Waze dan aplikasi pesan instan WhatsApp. Google sudah memverifikasi setiap aplikasi tersebut.

"Sirekap sudah kita upload ke dalam Google, saat seperti kita mendownload WhatsApp, mendownload Waze, kita percaya-percaya saja dengan Google, karena sudah dilakukan verifikasi oleh Google," ucap dia.

Lebih lanjut ia menyatakan, aplikasi Sirekap tidak dibagikan kepada siapapun. Oleh karena itu, aplikasi yang diunduh lewat aplikasi Google merupakan Sirekap mobile apps yang asli.

Baca juga: Ketua Bawaslu Mengeluh ke Hakim MK, Sebut Kuasa Hukum Ganjar Annoying

"Sirekap dari Google itu adalah sirekap yang asli, dan sirekap dengan waktu yang pendek, yang masa hidupnya pendek. Saya juga ragu apakah ada yang membuat virusnya, atau yang membuat malware-nya. Karena begitu diupload, besoknya langsung digunakan dan langsung dimatikan karena di KPPS tidak lama," jelas Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com