Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Jenderal Kehormatan Selain Prabowo, dari Luhut hingga SBY

Kompas.com - 28/02/2024, 07:58 WIB
Achmad Nasrudin Yahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo direncanakan menyematkan pangkat jenderal kehormatan bintang empat kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di sela acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).

Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut penyematan pangkat ini berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) setelah sebelumnya lebih dulu diusulkan oleh Markas Besar TNI.

Selain itu, penyematan juga tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

"Pemberian (pangkat) jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan," ujar Dahnil, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Langkah Jokowi Jadikan Prabowo Jenderal Kehormatan Bisa Mencoreng TNI

Namun, rencana pemberian pangkat jenderal kehormatan ini dikhawatirkan disalahartikan sebagai upaya menutupi kontroversi dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang membelitnya selama ini.

"Jangan sampai pemberian pangkat kehormatan ini akan dipandang sebagai impunitas maupun upaya 'mencuci' kontroversi masa lalu karier militer Prabowo," kata Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid, dalam keterangannya.

Adapun gelar jenderal kehormatan yang identik dengan pangkat bintang empat bukan kali ini saja negara memberikan kepada seorang purnawirawan TNI.

Berikut daftar purnawirawan yang mendapat pangkat jenderal kehormatan:

1. Sarwo Edhie Wibowo

Sarwo Edhie Wibowo merupakan Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) pada 1964 hingga 1967. RPKAD adalah satuan elite TNI AD yang kini bernama Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kala itu, Sarwo Edhie berperan dalam penumpasan G30S/PKI pada 1965 hingga 1966. Gerakan penumpasan ini menewaskan tiga juta korban jiwa di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Ayah mendiang Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini meninggal dunia pada 9 November 1989 pada usia 64 tahun.

Baca juga: Diberhentikan dari Militer, Gelar Jenderal Kehormatan Prabowo Dipertanyakan

Pada November 1997, Presiden ke-2 RI Soeharto memberikan penghargaan kepada mendiang Sarwo Edhie dengan pangkat jenderal kehormatan.

2. Soesilo Soedarman

Soesilo Soedarman merupakan jebolan Akademi Militer yang pernah menjadi atase pertahanan di Amerika Serikat.

Ia tercatat pernah menduduki posisi Panglima Komando Wilayah Pertahanan Sumatera dan Kalimantan Barat pada 1980-1985.

Soesilo Soedarman meninggal pada 18 Desember 1997 dalam usia 69 tahun. Penghargaan pangkat jenderal kehormatan diberikan di era Presiden Soeharto.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com