Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Tapol-tapol yang Katanya Saya Culik, Sekarang Membela Saya

Kompas.com - 13/12/2023, 08:49 WIB
Fitria Chusna Farisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengeklaim dirinya sebagai sosok yang sangat keras membela hak asasi manusia (HAM).

Bahkan, klaim Prabowo, dirinya kini didukung oleh para mantan tahanan politik (tapol).

Ini disampaikan Prabowo dalam debat perdana Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, Selasa (12/12/2023), menanggapi pertanyaan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, soal penyelesaian 12 kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia.

“Saya tadi katakan, saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya, orang-orang yang ditahan, tapol-tapol yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya, membela saya,” kata Prabowo dengan berapi-api.

Prabowo tak menjawab pertanyaan Ganjar, apakah jika terpilih sebagai presiden, dirinya akan membentuk pengadilan HAM ad hoc dan menjalankan rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI soal penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.

Baca juga: Serangan Ganjar ke Prabowo, Singgung Pengadilan HAM dan Aktivis Hilang

Menteri Pertahanan itu justru menyinggung calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar, Mahfud MD, yang pada tahun 2009 menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Pada tahun tersebut, DPR menerbitkan rekomendasi soal penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat.

Prabowo mengaku, dirinya sudah berulang kali menjawab pertanyaan soal kasus pelanggaran HAM berat.

“Saya sudah jawab berkali-kali, tiap lima tahun kalau polling saya naik, ditanya lagi soal itu” ucapnya.

Prabowo lantas menyinggung soal kasus orang hilang dan penemuan mayat di wilayah DKI Jakarta. Ia meminta Ganjar mencari tahu data terkait ini ke Kapolda.

“Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi, Mas Ganjar, menurut saya,” tutur Prabowo.

Adapun debat perdana Pilpres 2024 digelar Selasa (12/12/2023) malam di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat.

Debat dengan peserta tiga capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo ini mengangkat tema hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat sendiri merupakan salah satu metode kampanye. Masa kampanye pemilu bakal berlangsung selama 75 hari, terhitung sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Baca juga: Saat Peluru HAM dari Ganjar Bikin Sewot Prabowo...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com