Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkostrad Maruli Tinjau Latma Prajurit Mekanis Raider 412 dengan Australia di Darwin

Kompas.com - 06/09/2023, 21:21 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak meninjau langsung latihan bersama (latma) antara prajurit Batalion Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad dan Batalyon 5 Royal Australian Regiment (RAR) di Darwin, Nothern Australia, Selasa (5/9/2023).

Latihan bersama (latma) itu antara Kostrad dan RAR itu bersandi Wirrajaya Ausindo TA 2023.

Setibanya di Robertson Barracks, Darwin, rombongan Pangkostrad Maruli disambut oleh Komandan 1st Brigade Brigjen Nick Foxall.

Mereka kemudian meninjau pelaksanaan Simulasi Urban Operation dan Bush Master yang disimulasikan oleh gabungan personel kedua negara.

Baca juga: Pangkostrad Maruli Pimpin Sertijab Kaskostrad dan Aspers Kaskostrad

Maruli mengatakan bahwa Latma Wirrajaya Ausindo TA 2023 ini untuk meningkatkan kemampuan pertahanan secara kolektif dan membantu memperkuat hubungan diplomatik kedua negara.

“Saya berharap kerja sama antara TNI AD dengan Australian Defence Force (ADF) dapat terus diselenggarakan ke depan dan menjadi suatu upaya strategis untuk mempererat dan memperkuat hubungan bilateral aspek pertahanan,” kata Maruli, dikutip dari siaran pers Pen Kostrad, Rabu (6/9/2023).

Maruli juga mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Bersenjata Australia karena telah mengajak Kostrad menggelar latihan bersama.

Baca juga: Usai Seorang Prajurit TNI Gugur, Panglima Terbang ke Papua Didampingi KSAD dan Pangkostrad

Dalam kegiatan ini, Maruli didampingi oleh Asisten Latihan KSAD Mayjen Dwi Darmadi,, Waaslat KSAD Bidang Renlat Brigjen Yusman Madayun, Asops Kaskostrad Brigjen Christian Kurnianto Tehuteru, Atase Darat Kedubes RI di Australia Kolonel CHB Tomy Arvianto, Atase Kedubes Australia di Jakarta Brig Matt Campble, dan Asisten Atase Kedubes Australia WO2 Deane Rigney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com