Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 27 Agustus Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 26/08/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 27 Agustus 2023 jatuh pada hari Minggu. Tanggal ini diperingati sebagai Pekan Keadilan Sosial di Australia.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 27 Agustus 2023.

Pekan Keadilan Sosial 

Pada tanggal 27 Agustus diperingati sebagai dimulainya Pekan Keadilan Sosial di Australia. 

Pekan Keadilan Sosial ini menandakan adanya kegiatan kegerejaan Katolik di Australia. 

Kegiatan ini meliputi beberapa kategori yakni kesadaran dan jaringan keuskupan, pendidikan dan formasi, penelitian, advokasi, dan kebijakan publik.

Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1940, dimana para uskup Katolik hampir setiap tahun bekerja sama untuk mengeluarkan pernyataan penting mengenai keadilan sosial.

Hingga kemudian pada tahun 1987 mulai dibentuk Dewan Keadilan Sosial Katolik Australia (A.C.S.J.C.) oleh Konferensi Waligereja Australia. 

Baca juga: Batas-batas Geografis Benua Australia

Hari Kemerdekaan Moldova

Setiap tanggal 27 Agustus, Moldova memperingati hari kemerdekaannya.

Moldova merupakan Negara Eropa Timur dan dulunya merupakan bagian dari Republik Soviet.

Negara ini berbatasan dengan Rumania dan Ukraina. Dulunya Moldova merupakan bagian dari kerajaan Moldavia dari abad ke-14 hingga tahun 1812.

Setelah diserahkan kepada Kekaisaran Rusia, negara tersebut kemudian dikenal sebagai “Bessarabia”.

Pada tahun 1856, Bessarabia Selatan dikembalikan ke Moldavia dan pada tahun 1859, digabungkan dengan Wallachia untuk membentuk Rumania, namun kemudian terjadi revolusi Rusia.

Selama Revolusi Rusia tahun 1917, Bessarabia sempat menjadi negara dengan pemerintahan sendiri di dalam wilayah Rusia. Lalu pada bulan Februari 1918, Republik Demokratik Moldavia mendeklarasikan kemerdekaan.

Tetapi tidak berlangsung lama, pada tahun 1940, Rumania terpaksa menyerahkan Bessarabia dan Bukovina Utara ke Uni Soviet, yang berujung pada pembentukan Republik Sosialis Soviet Moldavia.

Pada tanggal 27 Agustus 1991, ketika Uni Soviet sedang bubar,  Moldavia mendeklarasikan kemerdekaannya dan mengambil nama Moldova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com