Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bertemu Kanselir Jerman, Santap Kurma Bersama Usai Pertemuan Bilateral

Kompas.com - 17/04/2023, 10:42 WIB
Ardito Ramadhan,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presien Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Guesthouse Lower Saxony, Hannover, Jerman, pada Minggu (16/4/2023).

Dikutip dari siaran pers, Jokowi tiba di lokasi pertemuan pada Minggu pukul 19.30 waktu setempat disambut oleh Scholz bersama Presiden Menteri Negara Bagian Lower Saxony Stephan Weil .

Kemudian, ketiganya masuk ke dalam Gusethouse Lower Saxony dan melaksanakan foto bersama, kedua pemimpin negara lalu menuju lantai satu untuk melaksanakan pertemuan tatap muka.

Setelah pertemuan, Jokowi dan Scholz turun ke ruang makan lalu menyantap buah kurma untuk berbuka puasa dilanjutkan dengan jamuan makan malam.

Baca juga: Kunker ke Jerman, Jokowi Tarik Minat BASF sampai Volkswagen Investasi di Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, saat bertemu Scholz, Jokowi menekankan pentingnya hubungan ekonomi yang setara antara Indonesia-Jerman dan Indonesia-Uni Eropa.

“Untuk itu berbagai regulasi Uni Eropa yang menghambat kesejahteraan perlu dibenahi. Bapak Presiden juga meminta dukungan jerman agar perundingan perjanjian Indonesia-EU CEPA dapat segera dituntaskan,” kata Retno.

Retno melanjutkan, Jokowi juga menyambut baik kolaborasi komite bersama ekonomi dan investasi Indonesia-Jerman.

Baca juga: Bahlil: Hampir Semua Pengusaha Eropa Tany The Next Pemimpin Indonesia

Selain itu, kata Retno, Jokowi juga menilai bahwa investasi Jerman di Indonesia perrlu difokuskan pada sektor prioritas seperti industri yang berorientasi ekspor, energi terbarukan, dan hilirisasi.

Menurut Retno, Jokowi pun menekankan pentingnya investasi dan ahli teknologi Jerman guna mendukung transisi energi di Indonesia.

“Dalam diskusi tadi juga dibahas mengenai implementasi dari The Just Energy Tansition Partnership,” ujar Retno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com