Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Mayjen Widi ke Brigjen Iwan Setiawan Saat Tradisi Penyerahan Satuan Kopassus

Kompas.com - 08/04/2022, 18:24 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono menjalani tradisi penyerahan satuan Korps Baret Merah kepada penggantinya, Brigadir Jenderal (Brigjen) Iwan Setiawan di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Tradisi penyerahan satuan tersebut dijalani Widi setelah dirinya resmi menjabat Pangdam IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto yang selanjutnya menjabat Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Baca juga: KSAD Sertijab 6 Jabatan Strategis, Brigjen Iwan Setiawan Resmi Jadi Danjen Kopassus

Dalam amanatnya, Widi mengatakan, Kopassus tengah giat mengembangkan kemampuan dan keterampilan prajurit melalui pendidikan dan latihan guna menyempurnakan organisasi dalam melaksanakan tugas operasi.

“Di samping itu, dilakukan pula pembangunan infrastruktur dan sarana dan prasarana fasilitas latihan yang merupakan prioritas untuk mengasah, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit,” kata Widi di hadapan prajurit.

Baca juga: Dapat Laporan dari Anggota Provos Kopassus, Petugas Damkar Evakuasi Kaki ODGJ yang Terjepit di Bangku Taman Cijantung

Selanjutnya, Widi berpesan agar apa yang telah dicapai Kopassus selama ini senantiasa dipelihara, dipupuk dan ditingkatkan, karena tantangan tugas ke depan tidak ringan.

Ia mengingatkan supaya prajurit terus berlatih, sehingga Kopassus dalam kondisi siap sedia mana kala tugas negara memanggil.

“Pedomani dan implementasikan sapta marga, sumpah prajurit dan janji komando sehingga dapat menjunjung tinggi dan mempertahankan derajat nama kehormatan dan jiwa kesatuan para komando di mana kalian bertugas,” kata Widi.

Baca juga: Panglima TNI Ganti Danjen Kopassus Mayjen Widi Prasetijono ke Brigjen Iwan Setiawan

Sementara itu, Iwan menyampaikan supaya para prajurit mendukung dan siap bekerja sama melindungi segenap bangsa Indonesia.

“Dengan terus melaksanakan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi semangat juang yang tinggi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com