Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI Kunjungi Markas Koarmada I

Kompas.com - 20/12/2021, 21:12 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengunjungi Markas Komando Armada I (Kormada) di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (20/12/2021).

Kedatangan pejabat nomor satu di jajaran TNI ini disambut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono dan Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah.

"Sebagaimana yang pernah disampaikan saat kunjungan kerja perdana Panglima TNI ke Markas Besar TNI Angkatan Laut, pertengahan November (2021)," demikian keterangan tertulis Dispenal, Senin sore.

Adapun kehadiran Andika di Markas Koarmada I disambut dengan kesenian Reog Ponorogo oleh para prajurit pengawal samudra yang tergabung dalam Reog Suroyudo Komando Latihan (Kolat) Koarmada I.

Baca juga: KSAL Bertemu Panglima Tentara Laut Malaysia, Bahas Kerja Sama Pertahanan Maritim

Kemudian, Andika meninjau anjungan KRI Markas Koarmada I yang berada di lantai 1 Gedung Yos Sudarso sekaligus menerima paparan dari Pangkoarmada I mengenai keamanan terkini di Laut Natuna Utara dan kesiapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang beroperasi di wilayah kerja Koarmada I.

Sedangkan Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Pertama (Laksma) TNI Ariantyo Condrowibowo memaparkan mengenai peran dan fungsi Kogabwilhan I dalam pengamanan Laut Natuna Utara.

Andika juga berkesempatan meninjau Pusat Komando Pengendali (Puskodal) Markas Koarmada I.

Puskodal sendiri berperan sebagai pusat pengendali dan informasi unsur-unsur jajaran Koarmada I yang melaksanakan operasi di wilayah kerja Koarmada I.

Baca juga: Munarman: Jika Saya Benar Persiapkan Terorisme, Presiden hingga Panglima TNI Sudah ke Alam Lain

Dalam kesempatan ini, Andika juga menerima paparan Kepala Puskodal (Kapuskodal) Koarmada I Letkol Laut (P) Bagus Cahya Utama mengenai tugas pokok Puskodal Mako Koarmada I.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com