Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Pelabuhan Tanjung Emas

Kompas.com - 11/06/2021, 11:56 WIB
Dian Erika Nugraheny,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021).

Vaksinasi massal kali ini diperuntukkan bagi pengguna kapal laut, pekerja pelabuhan, masyarakat di sekitar pelabuhan, hingga warga difabel yang seluruhnya berjumlah 1.000 orang.

"Aktivitas di pelabuhan ini sangat tinggi. Mulai dari aktivitas bongkar muat, aktivitas penumpang hingga pertukaran penumpang dan lain-lain. Oleh sebab itu kita lakukan vaksinasi sebanyak 1.000 orang," ujar Jokowi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/6/2021).

Dia melanjutkan, target vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Emas dalam sepekan adalah 4.000 orang.

Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan dapat melindungi petugas pelayan publik, para pekerja hingga nelayan dari penularan Covid-19.

Baca juga: Jokowi: Penerbangan dari Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga Sudah Dimulai

"Percepatan vaksinasi memang harus segera dicapai. Kita harapkan segera terjadi kekebalan komunal herd immunity dan kita berharap semuanya penyebaran covid-19 bisa kita hambat dan kita hilangkan," tambahnya.

Diberitakan, data Kementerian Kesehatan hingga 10 Juni 2021 mencatat, masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dua dosis sebanyak 11.488.917 orang.

Kemudian, jumlah masyarakat yang baru divaksin dosis pertama yakni sebanyak 19.211.433 orang.

Adapun masyarakat menerima vaksinasi itu berasal dari berbagai kalangan, seperti tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia.

Mereka adalah kelompok sasaran program vaksinasi Covid-19 tahap pertama dan kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com