Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Wamenhan Sebut Kesejahteraan Negara di Samudera Hindia Bergantung Pada Keamanan dan Perdamaian Kawasan

Kompas.com - 10/02/2021, 16:12 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra mengatakan, kesejahteraan negara-negara di kawasan Samudra Hindia bergantung pada perdamaian dan keamanan wilayah tersebut.

“Untuk itu, pandemi Covid-19 yang menyebabkan pergolakan ekonomi negara-negara kawasan harus dihadapi bersama-sama," ujar M. Herindra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Pernyataan tersebut M. Herindra sampaikan mewakili Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menjadi pembicara dalam Indian Ocean Region (IOR) Defence Minister Conclave secara virtual di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Dukung Kemandirian Pertahanan dan Keamanan, Kemhan Bangun Budaya Kerja Berkarakter

Forum yang diikuti 26 negara sahabat tersebut dihadiri Direktur Jenderal (Dirjen) Strategi Pertahanan (Strahan) Kemhan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rodon Pedrason serta Direktur Kerja Sama Internasional Pertahanan (Dirkersinhan) Direktorat Jenderal (Ditjen) Strahan Kemhan Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI J Binsar Parluhutan.

Dari pertemuan itu, M. Herindra berharap, negara-negara yang hadir dapat menjalin kerja sama dan memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan di kawasan Samudra Hindia.

“Menjaga pertahanan dan keamanan adalah hal yang sangat penting. Oleh karenanya, forum IOR Defence Minister Conclave merupakan tempat strategis untuk membicarakan kerja sama pertahanan kawasan,” imbuhnya.

Baca juga: Letjen TNI Herindra Didapuk Jadi Wamenhan, Ini Tanda Jasa dan Brevet yang Pernah Diraih

Lebih lanjut, M. Herindra berharap, melalui forum tersebut, negara-negara bisa menyelesaikan kompleksitas tantangan dan ancaman yang terjadi di kawasan Indo-Pasifik yang terus meningkat.

Seperti diketahui, Samudra Hindia merupakan samudra terbesar ketiga di dunia. Selain sebagai jalur komunikasi laut terpenting di dunia, kawasan ini juga menjadi jalur perdagangan dan transportasi internasional.

Terlebih, negara-negara di kawasan Samudera Hindia adalah rumah bagi sekitar 2,7 miliar orang atau sekitar 35 persen dari populasi dunia.

Baca juga: Jabat Wamenhan, Herindra: Saya dan Pak Prabowo Sama-sama dari Militer

Tidak hanya penduduk yang banyak, negara-negara kawasan Samudra Hindia memiliki pula sumber daya alam (SDA) melimpah serta signifikansi ekonomi dan geopolitik yang potensial.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com