Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Harapkan Kerja Sama dengan China Lebih Kuat dan Menguntungkan

Kompas.com - 01/09/2020, 10:46 WIB
Ihsanuddin,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat dan terima kasih atas peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-China kepada Presiden Xi Jinping.

Ucapan itu disampaikan Jokowi melalui sambungan telepon pada Senin (31/8/2020) dari Istana Kepresidenan Bogor.

“Terima kasih atas surat Presiden Xi, mengenai ucapan selamat peringatan 70 tahun hubungan bilateral kita, saya harapkan hubungan dan kerja sama antara dua negara akan lebih kuat dan saling menguntungkan,” ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari siaran pers resmi Istana.

Baca juga: Saatnya Tarik Tuas Rem, Pak Jokowi!

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden Jokowi juga mengapresiasi pemerintah China atas hasil kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir ke beberapa waktu lalu untuk membahas beberapa kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi yang saling menguntungkan.

“Saya apresiasi dukungan pemerintah Tiongkok dalam upaya penguatan kerja sama kesehatan yang strategis, termasuk co-production dan penyediaan vaksin Covid-19,” kata Presiden Jokowi.

Selain di bidang kesehatan, Presiden Jokowi juga menggarisbawahi bahwa kerja sama ekonomi tidak boleh terhenti sama sekali meskipun dalam kondisi pandemi, salah satunya terkait pengaturan travel corridor antar-kedua negara.

Baca juga: Pengembang China dan Singapura Buka Pusat Perbelanjaan di Tangerang

“Saya menyambut baik pengaturan travel corridor yang telah disepakati dua negara tanggal 21 Agustus 2020 lalu untuk memudahkan perjalanan bisnis esensial dan kunjungan kedinasan yang mendesak, tentunya dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ujar Presiden.

Kepada Presiden Xi, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kerjasama investasi antara kedua negara yang terus menguat dan saling menguntungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com