Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas Anugerahi Jokowi Penghargaan Tunas Kencana 

Kompas.com - 14/08/2019, 18:24 WIB
Ihsanuddin,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso memberikan anugerah penghargaan tertinggi yaitu Tunas Kencana kepada Presiden Joko Widodo.

Penghargaan itu diberikan saat Presiden Jokowi menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-58 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019).

Buwas mengatakan, penghargaan ini diberikan karena Presiden Jokowi menjadi Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka selama lima tahun.

"Dengan pertimbangan, Bapak sebagai Presiden sudah menjabat Ketua Majelis Pembimbing Nasional selama 5 tahun," kata Budi Waseso.

Baca juga: Jokowi Hadiri HUT ke-58 Pramuka di Cibubur, Megawati Ikut Serta

Pertimbangan lainnya, Presiden RI merupakan Pramuka Utama sesuai AD/ART.

Presiden sebelumnya juga mendapatkan anugerah serupa, yakni Soeharto, BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam sambutannya, Jokowi memuji tema HUT Pramuka tahun ini, yakni "Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".

Jokowi menilai, tema ini sangat dekat untuk menyikapi situasi dan dinamika kehidupan berbangsa dan benegara saat ini.

"Maraknya berbagai permasalahan yang kita hadapi dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih adanya sikap intoleransi dan media sosial yang penuh hoaks dan pornografi dan ujaran kebencian. Pramuka tekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan penting tanggulangi masalah itu," kata Jokowi.

Baca juga: Jika Gerindra-Demokrat-PAN Gabung ke Jokowi, PKS Diprediksi Untung

Turut hadir dalam acara ini Ibu Negara Iriana Jokow, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com