Dewan Pembina Golkar Sepakati Penunjukan Bamsoet sebagai Ketua DPR - Kompas.com

Dewan Pembina Golkar Sepakati Penunjukan Bamsoet sebagai Ketua DPR

Rakhmat Nur Hakim
Kompas.com - 15/01/2018, 00:38 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto berbincang bersama Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie saat pembuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017). Rapimnas tersebut merupakan kelanjutan dari rapat pleno pada Rabu (13/12/2017) yang telah memilih Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Golkar menggantikan Setya Novanto sebagai pengisi jabatan lowong.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto berbincang bersama Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie saat pembuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017). Rapimnas tersebut merupakan kelanjutan dari rapat pleno pada Rabu (13/12/2017) yang telah memilih Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Golkar menggantikan Setya Novanto sebagai pengisi jabatan lowong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie menyetujui penunjukan Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai ketua DPR pengganti Setya Novanto, sebagaimana yang diusulkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar.

Hal itu disampaikan Aburizal, usai menggelar rapat pleno Dewan Pembina Partai Golkar di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta, Minggu (14/1/2018).

"Berdasarkan konsultasi dan pertimbangan-pertimbangan yang saya sampaikan tadi maka Dewan Pembina Partai Golkar dapat menyetujui dan mendukung penetapan saudara Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI," kata Aburizal.

Aburizal mengaku bahwa sebelumnya Dewan Pembina Partai Golkar sempat membahas sejumlah nama calon ketua DPR bersama Airlangga. Menurut dia, ada sejumlah nama yang dibahas bersama Airlangga.

Nama-nama tersebut ialah yang telah beredar sebelumnya di media massa yakni Bambang Soesatyo, Azis Syamsuddin, Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainudin Amali, dan Fadel Muhammad.

(Baca juga: Jusuf Kalla Tak Masalah Bambang Soesatyo Jadi Ketua DPR meski Tim Angket KPK)

Aburizal mengatakan, semua nama yang diajukan Airlangga merupakan politisi yang berkualitas dan layak memimpin DPR. Namun, ia menyatakan pihaknya harus memilih satu nama dan pilihan itu jatuh pada Bamsoet.

Ia juga mengatakan pilihan tersebut sudah mempertimbangkan aspek internal dan eksternal sehingga tak merugikan partai di kemudian hari.

"Bahwa pilihan yang telah ditetapkan Partai Golkar itu tidak akan membawa dampak yang buruk bagi partai, tentu juga akan membawa dampak yang baik bagi kepentingan negara dan bangsa," ujar Aburizal.

Kompas TV Pusat kajian anti korupsi UGM menegaskan bahwa Ketua DPR yang ditunjuk oleh Partai Golkar harus bersih dari kasus korupsi.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisRakhmat Nur Hakim
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM