Persiapan 'Ngunduh Mantu' Presiden Jokowi di Medan Sudah 60 Persen - Kompas.com

Persiapan 'Ngunduh Mantu' Presiden Jokowi di Medan Sudah 60 Persen

Kontributor Medan, Mei Leandha
Kompas.com - 11/11/2017, 21:48 WIB
Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri, Selasa (11/7/2017). KOMPAS.com/Mei Leandha Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpaw bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Cucu Somantri, Selasa (11/7/2017).

MEDAN, KOMPAS.com - Acara besar lanjutan usai pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Solo adalah Ngunduh Mantu dan pesta adat pemberian gelar yang akan berlangsung di Kota Medan pada 24-26 November 2017 mendatang.

Selain tuan rumah si empunya hajatan, kesibukan juga terlihat dari semua pihak yang terlibat. Salah satunya Kodam I Bukit Barisan (BB).

"Persiapan "Ngunduh Mantu"-nya Bapak Presiden sudah 60 persen lebih," kata Pangdam I BB Mayjen Cucu Somantri saat meninjau posko keamanan di rumah Bobby di Bukit Hijau Regency, Kompleks Taman Setiabudi Medan.

Cucu didampingi Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan Dandim 0201/BS Kolonel Bambang. Terlihat tenda putih sudah terpasang, begitu juga beberapa unit genset sudah disiapkan.

Baca juga : Makna dari Tata Cara Pernikahan Adat Jawa Pakem Kahiyang-Bobby

"Peninjauan ini untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar. Tanggal 19 harus sudah 100 persen, tanggal 20 tinggal finishing saja," ucapnya.

Ditanya apakah ada ruang untuk wartawan melakukan tugasnya, Cucu bilang, pihaknya sudah menyiapkan ruangan untuk para jurnalis yang akan melakukan peliputan.

"Media center nanti di sebelah sana, kalau ruangan ini untuk posko pengamanan," pungkas Cucu.

Sebelumnya, Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pihaknya akan menyiagakan sekitar 600 personel untuk mengamanan prosesi Ngunduh Mantu tersebut.

Persiapan pengamanan terus diintensifkan dalam rapat lintas instansi. Polri akan bergabung dengan petugas pengamanan dari unsur lain seperti TNI.

Di hari H, kata Tatan, polisi akan bersiaga di sekitar lokasi pesta dan membantu pengamanan di titik-titik lintasan Presiden dan rombongan selama acara berlangsung.

Personel juga akan ditempatkan di jalur perlintasan, mulai lokasi kedatangan sampai perjalanan di jalan raya. Dia bilang, ada kemungkinan melakukan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran.

Tatan mengungkapkan, jajaran Polda Sumut saat ini sudah mulai melakukan berbagai kegiatan peningkatan keamanan Kota Medan jelang kedatangan Presiden. Di antaranya cipta kondisi untuk memberikan keamanan bagi masyarakat.

Sementara pihak keluarga, seperti diberitakan sebelumnya, menyatakan persiapan sudah rampung 90 persen.

Bobby merupakan putra dari pasangan Almarhum Erwin Nasution, mantan Dirut PTPN IV dan Ade Hanifah Siregar. Erwin meninggal dunia pada 18 Januari 2017.

Kompas TV Jelang pesta pernikahan putri presiden Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Medan, keluarga Bobby menggelar rapat persiapan dengan TNI – Polri.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Medan, Mei Leandha
EditorAprillia Ika
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM