Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pesawat Berusia Tua, Komisi I Minta TNI Evaluasi Menyeluruh

Kompas.com - 19/12/2016, 12:24 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI diminta untuk mengevaluasi secara menyeluruh sistem penerbangan.

Hal ini menyusul peristiwa jatuhnya pesawat jatuhnya pesawat Hercules jenis C130 A-1334 milik TNI AU di Timika-Wamena, Papua, Minggu (18/12/2016).

Kecelakaan tersebut tercatat sebagai peristiwa kecelakaan pesawat TNI yang keenam kalinya.

"Audit terhadap kelayakan pesawat TNI perlu dilakukan. Mengingat banyak pesawat TNI yang usianya lebih dari 30 tahun," ujar Anggota Komisi I Sukamta melalui keterangan tertulis, Senin (19/12/2016).

Ia juga menyinggung pernyataan Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja yang mengatakan bahwa pesawat yang kecelakaan tersebut layak terbang.

(Baca: Isak Tangis Iringi Pemakaman Korban Jatuhnya Pesawat Hercules)

Pernyataan tersebut menurutnya tetap harus ditindaklanjuti dengan audit kondisi pesawat TNI untuk memastikan kondisi pesawat yang masih ada.

Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT), kata Sukamta, perlu dilibatkan dalam melakukan analisis penyebab kecelakaan.

"Mengingat info yang pernah kami dapat, karena keterbatasan peralatan akibat embargo, tidak jarang perbaikan pesawat TNI dilakukan dengan cara kanibal," ujar Politisi PKS itu.

Ia berharap, hasil investigasi dapat menjadi salah satu instrumen evaluasi sehingga ke depannya tidak ada lagi kecelakaan pesawat TNI.

"Seluruh data kecelakaan yang selama ini terjadi bisa jadi alat ukur apakah terjadi karena faktor pesawat atau karena faktor lain seperti faktor manusia, cuaca, misi, dan manajemen," tutur Sukamta.

Tak hanya itu, Sekretaris Fraksi PKS di DPR itu juga menganggap perlu ada perbaikan dari sisi SDM dan manajemen penerbangan pesawat TNI.

"Setidaknya bisa mengacu pola penerbangan sipil yang sejauh ini dapat berjalan baik dan sangat minim terjadi kecelakaan," tuturnya.

(Baca: Panglima TNI: Tidak Ada Moratorium Penggunaan Pesawat Hercules)

Pesawat Hercules C-130HS dengan nomor registrasi A-1334 jatuh di Wamena, Papua, Minggu pagi.

Sebanyak 13 orang yang ada di dalam pesawat itu tewas. Dua belas orang di antaranya adalah kru pesawat yang merupakan anggota tetap Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Sementara satu lagi adalah anggota TNI di Papua yang tengah menumpang.

Pesawat itu merupakan hibah dari Australia dan mulai beroperasi pada Februari 2016 lalu.

Kompas TV Sejumlah Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com