Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Puan, Rizal, dan Khofifah yang Dinilai Pro Nawacita

Kompas.com - 29/11/2015, 17:38 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Sabang Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan menilai, sebagian besar menteri Kabinet Kerja tidak menjalankan Nawacita yang digadang-gadang Presiden Joko Widodo.

Menurut Syahganda, hanya tiga menteri yang pro terhadap Nawacita, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Lainnya mungkin tidak anti tetapi juga pasti tidak pro," ujar Syahganda dalam diskusi di Jakarta, Minggu (29/11/2015). (Baca: "Saya Kasihan dengan Bu Mega, Kereta Pemerintah Makin Jauh dari Trisakti")

Khusus Puan Maharani, Syahganda menyampaikan bahwa putri Megawati Soekarnoputri itu sudah turun temurun ditanamkan jiwa Trisakti dan Pancasila.

"Kesulitan Jokowi itu ketika bukan orang yang memang kompatibel dengan Nawacita, tetapi orang itu datang pada kekuatan untuk merampok," sambung dia. (Baca: Seknas Jokowi: Menteri Tak Paham Nawacita Layak Diganti)

Sementara itu, menurut Syahganda, salah satu menteri yang tidak pro terhadap Nawacita adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Ia menuding Sudirman sebagai pihak yang bermain dengan saham Freeport. "Sudirman, dia berusaha bermain dengan kontrak Freeport itu mungkin untuk kepentingan JK (Wapres Jusuf Kalla) karena yang bela dia JK," kata Syahganda.

Syahganda menambahkan, Presiden Jokowi sepatutnya mencopot menteri yang tidak pro terhadap Trisakti jika melakukan perombakan kabinet.

"Tidak ada transaksi yang transparan. Kalau mau gusur yang anti Trisakti," ucap dia. (Baca: Megawati Ingin Rizal Ramli Teruskan Konsep Trisakti Milik Soekarno)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com