Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masukan Masyarakat Berpengaruh Besar dalam Seleksi Calon Pimpinan KPK

Kompas.com - 14/09/2014, 09:46 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Farouk Muhammad, menilai bahwa masukan masyarakat tentang integritas peserta seleksi berpengaruh sangat besar bagi pansel. Menurut Farouk, informasi dari masyarakat dapat menjadi pertimbangan pansel mengenai kandidat yang bersangkutan.

"Besar sekali (pengaruhnya), sepanjang dilengkapi bukti atau petunjuk yang bisa meyakinkan pansel," ujar Farouk melalui pesan singkat, Minggu (14/9/2014).

Farouk mengharapkan partisipasi masyarakat untuk mengungkap latar belakang calon pimpinan KPK tersebut. Masukan itu termasuk informasi tentang aset-aset milik peserta seleksi dan keluarganya yang tidak diungkapkan saat mengikuti tahapan seleksi.

"Kami mengharapkan masukan masyarakat, termasuk tingkah laku yang pernah dialami masa lalu yang dipandang memengaruhi integritas yang bersangkutan," kata Farouk.

Farouk berharap masyarakat tidak ragu mengungkapkan latar belakang para peserta yang dianggap dapat merugikan jika peserta itu terpilih. Selain menjadi pertimbangan pansel, masukan tersebut dapat menjadi catatan khusus bagi panitia selanjutnya dalam seleksi serupa.

"Karena, yang akan dipilih cuma dua orang. Kredibilitas para calon bisa dijadikan bahan masukan juga seleksi pejabat publik serupa pada kesempatan mendatang," ujarnya.

Tanggapan dan informasi masyarakat tentang integritas, kapasitas, kepemimpinan, dan independensi calon yang memenuhi syarat administratif dapat disampaikan kepada pansel paling lambat 4 Oktober 2014 ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan. Masyarakat juga dapat menghubungi nomor telepon 021-5274887 atau e-mail pansel.kpk@kemenkumham.go.id atau SMS ke 081211155555.

Hasil seleksi calon pimpinan KPK menyaring peserta seleksi hingga tinggal 11 orang. Mereka dinyatakan lolos oleh panitia seleksi berdasarkan tes pembuatan makalah tentang pemberantasan korupsi.

Awalnya ada 104 arang yang mendaftar sebagai calon pimpinan KPK. Dari jumlah itu, sebanyak 64 orang lolos seleksi administratif dan dianggap memenuhi kriteria, tapi hanya 59 orang yang mengikuti tes pembuatan makalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com