Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasyim Muzadi Minta Jusuf Kalla Beri Posisi untuk NU

Kompas.com - 04/06/2014, 15:12 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi, meminta calon wakil presiden Jusuf Kalla memberikan posisi kepada tokoh NU jika nanti memenangi Pemilu Presiden 2014. Menurut Hasyim, besarnya jumlah warga NU harus diwujudkan dengan adanya perwakilan di jajaran pemerintahan.

"NU itu (ormas) terbesar, kenapa pemikirannya enggak ada yang mewakili? Kita berharap, kita doakan, kita dukung, tapi juga kita titipi amal makruf," kata Hasyim di hadapan ratusan kiai, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Hasyim menegaskan, sangat wajar jika ada tokoh NU yang masuk dalam pemerintahan selanjutnya. Menurut dia, dengan jumlah pengikut yang besar, NU dianggap mewakili mayoritas penduduk di Indonesia. "Kita berharap posisi, masa orang NU segini banyak enggak dikasih bagian? Tapi juga perlu kajian jelas, titip posisi dan masa depan NU," ujarnya.

Sebelumnya, Hasyim menyatakan, dirinya mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Ia meminta warga NU yang memberi dukungan sama untuk bergerak dalam membantu pemenangan Jokowi-JK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com