Rabu, 16 April 2014

News / Nasional

Brigjen TNI Doni Monardo Danpampres

Rabu, 25 Juli 2012 | 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono SE, bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), di Lapangan Upacara Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2012) sore. 

Jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) itu diserahkan pejabat lama Mayjen TNI Agus Sutomo kepada, penggantinya Brigjen TNI Doni Munardo.

Siaran pers Puspen TNI, Rabu sore, menyebutkan, Brigjen TNI Doni Munardo merupakan lulusan Akabri 1985, dan pernah menjabat sebagai Waasops Paspampres, Komandan Grup A Paspampres, serta dan Wadanjen Kopassus TNI AD.

Sementara Mayjen TNI Agus Sutomo yang lulusan Akabri 84, selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Danjen Kopassus TNI AD. 

Paspampres merupakan Badan Pelaksana Pusat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI, dengan tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik secara langsung atau tidak langsung, kepada Presiden dan Wakil Presiden serta tamu-tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan, beserta keluarganya. 

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, tugas Paspampres ke depan tidaklah semakin ringan. Aktivitas Presiden dan Wakil Presiden RI, serta tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan beserta keluarganya akan semakin padat. Dengan kondisi lingkungan sekitar yang semakin terbuka, menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan tugas kesatuan Paspampres.

Hadir pada acara itu sejumlah perwira tinggi TNI, di antaranya Pangkostrad, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI dan Asisten Kepala Staf Angkatan, Pangdam Jaya, Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul SE, dan para mantan Komandan Paspampres.


Penulis: Ratih Prahesti Sudarsono
Editor : Agus Mulyadi