Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR Bersumpah Bekerja demi Demokrasi, Negara, dan Rakyat

Kompas.com - 01/10/2014, 14:18 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota DPR periode 2014-2019 secara resmi telah dilantik pada Rabu (1/10/2014). Pada acara pelantikan di Gedung Kura-kura Kompleks Parlemen, Jakarta, para anggota DPR terpilih mengucapkan sumpah-janji berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing anggota dewan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

Pengucapan sumpah jabatan wakil rakyat disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. Hadir pula dalam acara tersebut mantan wakil presiden Jusuf Kalla, mantan presiden BJ Habibie, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara.

Berikut ini sumpah-janji yang diucapkan anggota DPR:

Demi Allah/Tuhan, saya bersumpah/berjanji:
- Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

- Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan.

- Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah janji secara simbolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com