Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati hingga Puan Bakal Pidato Politik di Hari Pertama Rakernas PDI-P

Kompas.com - 23/05/2024, 19:55 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik pada hari pertama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 PDI-P, Jumat (24/5/2024) di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto usai membawa obor api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah bersama iring-iringan pelari maraton.

"Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam Rakernas," kata Hasto saat ditemui di Ancol, Kamis (23/5/2024) sore.

Baca juga: Diterima Hasto, Pawai Obor Api Abadi dari Mrapen sampai di Jakarta Jelang Rakernas PDI-P

Selain Megawati, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani juga akan menyampaikan pidato politik. Hasto juga mengaku bakal menyampaikan laporan progres partai selama ini kepada seluruh kader peserta Rakernas.

"Kemudian kita mendengarkan pandangan umum DPD DPD Partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, anak ranting dan PAC partai," ujar dia.

Setelah itu, acara Rakernas dilanjutkan dengan pembekalan dari pihak eksternal berkaitan dengan problematika yang dihadapi bangsa.

Baca juga: Hormati jika PDI-P Pilih di Luar Pemerintahan, Prabowo: Kita Tetap Bersahabat

Dalam Rakernas, lanjut Hasto, juga diadakan sidang-sidang dari komisi-komisi terkait evaluasi pelaksanaan kegiatan partai selama empat tahun terakhir.

"Juga dilakukan suatu upaya merumuskan langkah-langkah konsolidasi ke depan, persiapan pilkada serentak dan juga sikap politik yang akan disampaikan oleh partai," tutur politikus asal Yogyakarta ini.

Sebagai informasi, PDI-P menggelar Rakernas kelima pada 24-26 Mei.

Baca juga: PDI-P Sebut Anies Belum Bangun Komunikasi Terkait Pilkada Jakarta

Rakernas kali ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rangkaian Rakernas sudah dimulai dengan pengambilan api perjuangan dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, Jumat pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com