Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Proyek Rel Layang Simpang Joglo Solo, Kakorlantas: Solusi Urai Kemacetan

Kompas.com - 13/04/2024, 11:53 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Aan Suhanan meninjau proses pembangunan proyek jembatan layang atau elevated rel kereta api di Simpang Joglo, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024).

Kakorlantas mengatakan, nantinya jembatan layang ini akan menjadi solusi mengurai kemacetan.

"Ini merupakan satu solusi, solusi untuk mengurai kemacetan di Simpang Joglo," kata Aan usai melakukan peninjauan di Simpang Joglo, Sabtu.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, adanya lintasan kereta api sebidang di Simpang Joglo kerap menjadi titik kemacetaan dan rawan kecelakaan.

Baca juga: Kunjungan ke Rest Area di Tol Solo-Ngawi Meroket 321 Persen

Jika proyek rel layang ini selesai, menurut Aan, semakin tercipta keselamatan berlalu lintas karena tidak ada lagi lintasan sebidang antara kereta api dengan arus lalu lintas di jalan.

"Ini adalah satu titik kemacetan ya ketika ada kereta api lewat, ini lintasan sebidang. Kemudian di sini juga rawan kecelakaan," ucap dia.

Sementara itu, Menhub mengatakan, proyek ini kemungkinan akan rampung sesuai rencana yakni sekitar bulan Agustus atau September mendatang.

Menurut Budi, masyarakat setempat bisa mengantre hingga 30 menit jika ada kereta yang lewat di persimpangan Joglo itu.

Baca juga: Material Jembatan Rel Kereta Api Layang Solo Didominasi Produk Lokal

"Dengan ada ikon, nanti kalau orang dari Surabaya mau ke Jogja (Yogyakarta) atau Jogja (Yogyakarta) ke Surabaya, ini tegak lurus, ini keliatan satu structure yang indah," ucap Budi.

Sebagai informasi, pembangunan rel kereta api layang Simpang Solo ini, diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi akibat adanya perlintasan sebidang di Simpang Joglo, Solo.

Adapun keberadaan jalur ganda kereta api Solo-Semarang sangat penting untuk meningkatkan keterhubungan antara kota Solo, Semarang, Purwokerto, dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com