Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Jadi Kandidat Bakal Cawapres Ganjar, Andika Perkasa: Saya Berterima Kasih dan Tak Menyangka

Kompas.com - 13/08/2023, 07:05 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa mengaku tak pernah membayangkan bisa masuk menjadi satu dari lima kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

Hal ini disampaikan saat menyatakan kesiapannya jika kelak dipilih sebagai bakal cawapres mendampingi Ganjar pada Pilpres 2024.

Nama Andika Perkasa diketahui disebut oleh Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.

"Bahwasanya kemudian Mbak Puan menyebut saya masuk dalam lima, ya saya sangat berterima kasih. Itu penghormatan benar lah. Enggak nyangka lah sejauh itu," kata Andika dalam program Gaspol! Kompas.com, yang ditayangkan di kanal YouTube Kompas.com, dikutip Minggu (13/8/2023).

Baca juga: Sulit Beri Alasan Kenapa Dukung Ganjar, Andika Perkasa: Lebih ke Hati Sih

Andika lantas menjelaskan mengapa tak pernah membayangkan menjadi kandidat bakal cawapres Ganjar.

Ia mengaku bahwa selama ini tidak pernah ada pembicaraan wacana menyandingkan dirinya dengan Ganjar. Hal itu diketahuinya setelah kerap berbincang dengan elite PDI-P.

"Komunikasi sering, komunikasi sering, tapi kan komunikasi ndak pernah ngomongin spesifik itu. Enggak pernah, enggak pernah ngomongin tim pemenangan, enggak pernah ngomongin wakil presiden, kan enggak pernah," ujarnya.

Kendati demikian, apabila ia tak terpilih sebagai bakal cawapres Ganjar dan ketua tim sukses (timses), Andika tetap siap ditugaskan apa pun.

Baca juga: Meski Dukung Ganjar, Andika Perkasa Akui Ada Kecocokan dengan Prabowo dan Anies

Ditanya lebih jauh mengenai kesiapan jika dipilih menjadi menteri apabila Ganjar Pranowo presiden terpilih, Andika menjawab dengan santai.

Ia mengaku enggan menaruh ekspektasi agar tidak kecewa di kemudian hari.

Oleh karenanya, Andika menyerahkan sepenuhnya soal peluang menjadi menteri kepada presiden terpilih.

"Iya, (keputusan ada di tangan presiden) presiden terpilih yang pasti juga bicara dengan partai politik pengusung . Ya itulah, lebih baik kita tidak membidik (menyasar mengisi pos menteri) lah," kata mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) ini.

Baca juga: Kode Batik Merah Andika Perkasa Saat Hadiri Acara Bulan Bung Karno PDI-P

Sebagai informasi, masuknya nama Andika sebagai kandidat cawapres Ganjar, pertama kali disampaikan oleh Puan Maharani dalam persiapan perayaan puncak Bulan Bung Karno beberapa waktu lalu.

"Ya, saya yang ditugaskan untuk kemudian nantinya itu membentuk tim. Masuk (Andika) dalam list saya," kata Puan saat menilik persiapan perayaan puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Puan bahkan mengakui beberapa waktu belakangan ada kedekatan antara PDI-P dan Andika Perkasa.

Apalagi, Andika Perkasa telah berkomunikasi dengan Megawati dan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur.

Nama Andika bahkan masuk dalam lima nama kandidat cawapres Ganjar. Ia bersaing dengan empat nama lain, yakni Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Muhaimin Iskandar.

Baca juga: Soal Maju Pilpres 2024, Andika Perkasa: Saya Tak Ingin Jadi Apa-apa...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com