Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Kader PDI-P yang Potensial Diusung dalam Pilkada Jakarta: Ahok, Djarot hingga Andika Perkasa

Kompas.com - 16/05/2024, 19:27 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP PDI-P Eriko Sotarduga mengungkapkan 6 dari 8 nama kader PDI-P yang potensial diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta serentak, November 2024.

Enam nama tersebut di antaranya adalah dua mantan Gubernur DKI Jakarta, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Sisanya, ada mantan Wali Kota Semarang sekaligus Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

"Sekali lagi ini masih perbincangan kami. Ada Mas Djarot, ada Pak Ahok, ada Mas Hendi, ada Bu Risma, ada Mas Andika," kata Eriko di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2024).

Baca juga: PDI-P Tidak Undang Jokowi ke Rakernas: Beliau Sangat Sibuk dan Menyibukkan Diri

Kendati demikian, PDI-P juga disebut bisa saja mencalonkan kader mudanya yaitu Aryo Seno Bagaskoro.

Saat itu, Seno berada di jejeran Eriko mendampingi konferensi pers DPP PDI-P. Namun ia hanya tersenyum ketika namanya disebut.

"Eh, jangan-jangan Mas Seno mungkin, anak muda. Jangan bilang tidak mungkin," ujar anggota DPR Fraksi PDI-P ini.

Untuk dua nama lainnya, Eriko enggan menyebutkan sekarang. Sebab jika disebutkan sekarang tidak akan menjadi kejutan.

Hanya saja, ia mengingatkan bahwa kontestasi Pilkada di Jakarta menjadi sangat menarik karena wilayah ini sudah tak lagi menjadi ibu kota negara.

"Tentu bukan ibu kota, banyak keistimewaan yang tentu tidak sama lagi. Tentu pemimpin DKJ, nanti harus bisa banyak hal," sebut Eriko.

Baca juga: Ridwan Kamil Maju di Pilkada DKI Jakarta Atau Jabar? Ini Jawaban Ketum Golkar

Lebih jauh, Eriko memastikan nama-nama itu masih dinamis karena terus dipertimbangkan seiring berjalannya waktu.

Terlebih, PDI-P juga menggelar survei terkait nama-nama yang berpotensi dimajukan dalam Pilkada Jakarta.

"Jadi segala kemungkinan masih memungkinkan, tapi tentunya kita menginginkan DKJ ini jadi daerah khusus yang punya kesempatan lebih baik, karena sudah bukan menjadi ibu kota," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri disebut sudah mengantongi sejumlah nama besar yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta, November 2024.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto usai ditanya peluang Menteri Keuangan Sri Mulyani dimajukan dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Banyak nama yang muncul, sudah ada hampir sekitar 8 nama. Dan banyak nama-nama besar yang sudah ada di kantongnya Bu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto ditemui di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com