Kompas.com - 04/10/2022, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kuasa hukum tersangka Bharada E atau Richard Eliezer, Ronny Talapessy mengatakan, pihaknya memiliki strategi untuk membela kliennya di pengadilan.

Kendati demikian, Ronny belum bisa membeberkan strategi yang dimaksudnya itu.

“Kita sedang mempersiapkan, ada beberapa strategi cuma dalam saat ini belum kita sampaikan tapi pastinya nanti kita ada kejutan nanti di pengadilan dalam rangka membela Bharada E,” kata Ronny.

Baca juga: Bareskrim Periksa Kesehatan Bharada E, Bripka Ricky, dan Kuat Jelang Pelimpahan Tahap II

Adapun Bharada E merupakan satu dari lima tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Hutabarat yang akan segera disidangkan.

Ia juga mengatakan, proses penyidikan dalam kasus yang menjerat kliennya sudah cepat dan tegas.

“Dan kedua proses di Kejaksaan juga pun kami melihat berjalan dengan cepat karena pemberkasannya berjalan sudah P21 ya persiapan untuk sidang,” ujar dia.

Setelah berkas perkara terhadap para tersangka lengkap (P21), penanganan kasus akan dilanjutkan dengan proses pelimpahan tahap II atau penyerahan barang bukti dan tersangka dari Bareskrim ke Kejaksaan.

Pelimpahan tahap II akan digelar pada Rabu (4/10/2022) besok di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel).

Ronny juga pada hari ini mendatangi Bareskrim Polri untuk melakukan koordinasi dan persiapan terkait kegiatan pelimpahan tahap II tersebut.

“Hari ini saya hadir sekaligus untuk berkoordinasi ya dengan penyidik dan juga teknisnya seperti apa nanti kita lihat hari ini adalah persiapan Bharada E untuk besok melaksanakan tahap II di Kejaksaan,” ucap Ronny.

Baca juga: Pengacara: Bharada E Siap jika Dihadapkan Langsung dengan Ferdy Sambo di Persidangan

Bharada E merupakan pelaku penembak Brigadir J. Ia diperintahkan oleh atasannya, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, untuk menembak Brigadir J hingga tewas.

Penembakan dilakukan di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta, 8 Juli 2022.

Dari kejadian itu, ditetapkan 5 tersangka. Selain Bharada E, 4 tersangka lain yakni Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi, Bripka Ricky Rizal atau RR (ajudan Sambo), dan Kuat Ma’ruf (asisten keluarga Sambo).

Mereka dijerat Pasal 340 KUHP juncto 338 juncto 55 dan 56 KUHP. Berkas kelimanya kini sudah dinyatakan lengkap dan akan dilakukan pelimpahan tahap II.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.