Kompas.com - 19/06/2022, 06:40 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Delegasi Komnas HAM RI menemui Utusan Khusus Uni Eropa Bidang HAM Eamon Gilmore dan Wakil Direktur untuk Agenda Global dan Hubungan Multilateral Uni Eropa Christina Kokkinakis di kantor Dinas Luar Negeri Uni Eropa, Brussel, Belgia.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari rangkaian lawatan delegasi Komnas HAM ke Eropa.

Delegasi dipimpin Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, turut serta komisioner Beka Ulung Hapsara dan Mochamad Choirul Anam.

Baca juga: Komnas HAM RI Bertemu Komisioner Tinggi HAM PBB, Bahas Inisiasi Dialog Damai Papua

"Pada pertemuan tersebut kedua lembaga mendiskusikan situasi pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia, termasuk inisiatif dialog damai Papua yang digagas oleh Komnas HAM," jelas Taufan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/6/2022) malam.

Komnas HAM menyampaikan berbagai perkembangan mendasar situasi hak asasi manusia di Indonesia, termasuk penyelesaian beberapa kasus yang menjadi perhatian publik maupun tantangan yang sedang dihadapi.

"Secara khusus Komnas HAM RI menyampaikan langkah-langkah yang sudah dikerjakan dan rencana kerja dialog damai Papua yang akan dilakukan," imbuh Taufan.

Ia mengeklaim, Eamon Gilmore mengapresiasi langkah Komnas HAM terkait inisiatif dialog damai dan perkembangan positif hak asasi manusia di Indonesia.

Uni Eropa disebut pada prinsipnya menghormati kedaulatan dan integritas teritorial Indonesia.

Baca juga: Bertemu Mendagri, Gubernur Lukas Enembe Tegaskan Dukungan Otsus dan Pemekaran Papua

"Penyelesaian damai Papua merupakan cara terbaik dalam konteks hak asasi manusia," ujar Taufan.

"Eamon Gilmore sebagai perwakilan Uni Eropa berkomitmen mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan Komnas HAM," akunya.

Taufan berjanji bahwa Komnas HAM akan terus bekerja secara intensif supaya dukungan terhadap inisiatif yang ada bisa meluas, sehingga dialog damai segera terwujud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.