Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2022, 01:00 WIB

KOMPAS.com - Tanggal 3 Juni 2022 jatuh pada hari Jumat. Tanggal 3 Juni diperingati sebagai hari pasar modal Indonesia.

Selain itu, tanggal 3 Juni juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2022:

Hari Pasar Modal Indonesia

Pasar modal Indonesia kembali diaktifkan tepat 70 tahun yang lalu. Hari pasar modal Indonesia diperingati setiap tahunnya karena pentingnya peran pasar modal bagi perekonomian negara.

Hari pasar modal Indonesia diperingati setiap tanggal 3 Juni karena bursa efek Indonesia akhirnya resmi dibuka kembali setelah ditutup akibat perang dunia I dan II pada tanggal 3 Juni 1952.

Peran pasar modal adalah mempertemukan perusahaan maupun institusi yang membutuhkan dana dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dananya.

Baca juga: Dalam Sepekan, Rp 27,6 Triliun Dana Asing Masuk Pasar Modal Indonesia

Pasar modal juga berfungsi untuk meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang yang sesuai dengan kriteria pasarnya secara efisien dan akan menunjang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Hari Sepeda Sedunia

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB meluncurkan hari sepeda sedunia karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah sepeda memberi kemudahan akses bahkan untuk orang miskin terhadap layanan transportasi.

Sepeda memungkinkan masyarakat untuk mudah mengunjungi teman, mengumpulkan air, dan membeli bahan makanan.

Alasan kedua karena sepeda merupakan moda transportasi jangka panjang yang telah membantu hampir setiap komunitas manusia di seluruh dunia.

Hari sepeda sedunia juga dirayakan untuk memberi kesempatan dalam meningkatkan kesadaran akan manfaat bersepeda dan mempromosikan langkah-langkah untuk memastikan pembagian jalan yang baik antara pengguna sepeda, pengguna kendaraan bermotor dan pejalan kaki.

Baca juga: Pasar Modal Luncurkan Microsite ESG, Apa Manfaatnya?

Hari sepeda sedunia menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menuntut peningkatan keselamatan jalan dan mobilitas bersepeda melalui perubahan kebijakan dan aktivitas terukur yang melindungi keselamatan pesepeda dan pejalan kaki.

Hari Sugihan Bali

Sugihan Bali merupakan salah satu hari suci umat Hindu di Bali. Sugihan Bali adalah salah satu rangkaian yang mendahului hari Raya Galungan.

Sugihan Bali datang setiap enam bulan atau 210 hari sekali. Tepatnya pada hari Jumat atau Sukra Kliwon Wuku Sungsang. Sugihan Bali bermakna hari penyucian terhadap diri sendiri atau bhuana alit.

Tidak ada upacara khusus pada saat pelaksanaan Sugihan Bali. Akan tetapi, biasanya dilaksanakan mohon tirtha pengelukatan kepada Sang Sadaka atau Sulinggih. Termasuk juga melakukan persembahyangan sebagaimana dilakukan di hari Kliwon lainnya.

 

Referensi

  • Rahmawati, Nina. 2020. Hari-hari Penting Internasional. Yogyakarta: Laksana
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.