Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siagakan Tambahan Kapal Navigasi dan KPLP di Titik Krusial

Kompas.com - 07/05/2022, 12:24 WIB
Ardito Ramadhan,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya menyiagakan tambahan kapal-kapal navigasi dan kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di titik-titik perairan yang krusial.

Budi mengatakan, kapal-kapal itu disiagakan menyusul tingginya volume pergerakan kapal di tengah arus balik Lebaran.

"Kapal-kapal negara, Kapal navigasi dan kapal KSOP bersiaga di semua tempat titik. Apakah di Madura, Selayar, Banjarmasin, Samarinda, Belawan. Semua teman-teman di navigasi dan KSOP siap mem-back up apabila terjadi sesuatu,” kata Budi saat meninjau pelaksanaan arus balik di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Sabtu (7/5/2022), dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Tinjau Arus Balik, Menhub: Mereka Bilang Naik Kapal Sangat Enak, seperti Plesiran...

Budi mengeklaim, pemerintah telah mengantisipiasi lonjakan arus mudik dan balik di angkutan laut dengan cermat dan hati-hati.

Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, ada sekitar 1,4 juta orang yang mudik menggunakan kapal laut pada tahun ini.

Kemenhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang dengan melakukan re-routing kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat.

Dalam kunjungannya di Pelabuhan Tanjung Mas tersebut, Budi melepas keberangkatan kapal KM Dharma Kartika VII menuju Pontianak.

"Saya hari ini gembira sekali bisa hadir di Pelabuhan Tanjung Mas, melepas masyarakat pada arus balik. Mereka ini akan kembali ke asalnya. Ada yang ke Pontianak sekitar 700 orang dan mereka bawa motor, mobil dan logistik,” ujar Budi.

Baca juga: Resmikan Revitalisasi 3 Terminal di Jateng, Menhub Harap Terminal Jadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Ia juga sempat berbincang dengan salah satu penumpang yang memilih naik kapal laut karena kenyamanannya.

"Mereka bilang naik kapal sangat enak, seperti plesiran, makanannya juga enak," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com