Kompas.com - 07/05/2022, 12:14 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan revitalisasi tiga terminal tipe A di Jawa Tengah, yakni Terminal Mangkang di Semarang, Tirtonadi di Solo, dan Bulupitu di Purwokerto, Sabtu (7/5/2022).

Budi berharap, setelah direvitalisasi, terminal-terminal tersebut dapat terintegrasi dengan pusat kegiatan masyarakat sehingga menjadi titik baru pertumbuhan ekonomi.

"Sekarang terminal-terminal ini menjadi baik. Tadi saya masuk Terminal Mangkang sudah bagus dan bersih dengan konsep mal. Di Tirtonadi juga bersih, dengan konsep hub pusat kegiatan masyarakat. Begitu pun di Purwokerto, terminalnya juga menjadi pusat kegiatan masyarakat," kata Budi di Terminal Mangkang, Semarang, dikutip dari siaran pers, Sabtu.

Baca juga: Menhub Minta Pemudik Tunda Perjalanan Balik hingga Senin, Ini Penyebabnya

Budi mengatakan, terminal saat ini bukanlah sekadar terminal biasa, tetapi memiliki fasilitas ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk beragam kegiatan, mulai dari pelayanan publik, pameran, konser, hingga kuliner.

Ia mencontohkan, Terminal Mangkang kini memiliki Mal Pelayanan Publik di lantai 2 hasil kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang.

Sementara itu, di lantai 1 terminal tersebut terdapat fasilitas kegiatan komersial yang melibatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Sekarang Terminal Mangkang sudah masuk 350 bus, sebelumnya hanya 20 bus. Masyarakat kalau mau mendapatkan pelayanan publik seperti perizinan cukup datang ke sini saja. Ini telah memberikan suatu kegembiraan bagi kita," kata Budi.

Baca juga: Puncak Arus Balik, 200.000 Penumpang Diprediksi Padati Bandara Soekarno-Hatta Minggu Besok

Budi pun berharap, sinergi antara Kemenhub dan pemerintah daerah di Jawa Tengah dapat dicontoh oleh daerah lainnya untuk mewujudkan pelayanan transportasi jalan yang selamat, aman, dan nyaman.

Selain meresmikan revitalisasi terminal, Budi juga melepas program angkutan balik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Program itu diharapkan dapat menekan penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh dan mengurangi kepadatan jalan pada arus balik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.