Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung TMII Dibatasi Selama Libur Lebaran, Maksimum 30.000

Kompas.com - 02/05/2022, 15:53 WIB
Vitorio Mantalean,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengunjung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dibatasi 50 persen dari kapasitas maksimum selama libur Idul Fitri.

"Tahun ini kami membatasi kuota hanya sekitar 50 persen, itu di angka 30.000," kata Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana, kepada wartawan di TMII, Senin (2/5/2022).

Pembatasan ini seiring dengan pandemi Covid-19 yang masih harus diwaspadai kendati tren kasus positif terus menurun.

Baca juga: Belum Terlalu Padat, TMII Diprediksi Ramai Setelah Hari Pertama Idul Fitri

Pada hari pertama Idul Fitri, jumlah pengunjung tercatat masih belum begitu banyak meskipun melonjak dibandingkan kunjungan kemarin, Minggu (1/5/2022) sebanyak 1.814 orang.

"Sejak pukul 06.00, jumlah pengunjung hari ini 7.315 orang," kata Putu. "Tahun lalu, jumlah pengunjung hari pertama Lebaran 12.696 orang," lanjutnya.

Ia mengatakan, jam operasional TMII dibuka pukul 06.00-17.00.

Putu mengakui bahwa menurunnya tren kasus pandemi Covid-19 membuat TMII bisa buka lebih leluasa pada Lebaran kali ini, namun pembatasan jumlah pengunjung masih tetap berlaku.

Meski masih jauh dari kapasitas normal, namun kedatangan pengunjung pada hari ini cukup membuat akses masuk cukup padat.

Baca juga: TMII Buka Saat Libur Lebaran, Mulai 30 April

Pantauan Kompas.com, antrean sepeda motor mengular sekitar 50-100 meter di pintu masuk 3. Antrean cukup panjang itu untuk pembelian tiket dan scan barcode PeduliLindungi.

Putu memperkirakan, jumlah pengunjung TMII masih akan terus meningkat seiring libur Lebaran.

"Mungkin karena hari pertama ya. Mungkin besok lebih ramai lagi. Kalau hari pertama orang biasanya kan ke saudara dulu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com