Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasak-kusuk Cak Imin Temui Anggota KPU-DPR Terpilih, Ada Apa?

Kompas.com - 15/03/2022, 08:59 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar bertemu dengan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terpilih periode 2022-2027 di lingkungan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Pertemuan itu menjadi soal karena dilakukan sebelum komisioner KPU-Bawaslu terpilih dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Belum lagi, Muhaimin Iskandar beberapa waktu belakangan juga disorot karena dirinya yang pertama kali mengusulkan wacana penundaan Pemilu 2024 dengan alasan stabilitas ekonomi.

Baca juga: Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU-Bawaslu Terpilih Dipertanyakan, Perludem: Kapasitasnya sebagai Apa?

Publik pun mempertanyakan maksud dan tujuan pertemuan di Senayan tersebut. Kecurigaan dan indikasi adanya pengarahan Muhaimin terhadap anggota KPU-Bawaslu terpilih pun tak bisa dihindarkan, terlebih soal penundaan pemilu.

Kendati demikian, PKB sendiri melalui Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid menegaskan tidak ada pembahasan mengenai wacana penundaan Pemilu 2024 dalam pertemuan tersebut.

"Saya pastikan, tidak ada pembahasan terkait penundaan Pemilu. Tidak ada," kata Jazilul kepada Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: Desak Wacana Penundaan Pemilu Dihentikan, Amien Rais: Kalau Hanya Diam, Kita Bunuh Diri Nasional

Pertemuan itu, kata dia, digelar dalam rangka silaturahim antara Muhaimin dan Komisioner KPU-Bawaslu terpilih.

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin disebut ingin mengucapkan selamat dan mendoakan agar Komisioner KPU-Bawaslu terpilih dapat amanah dalam menjalankan tugas ke depan.

Perludem soroti kapasitas Muhaimin

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai, pertemuan Cak Imin dan anggota KPU-Bawaslu terpilih tidak memiliki alasan yang kuat.

Pasalnya, para komisioner itu belum dilantik. Perludem pun mempertanyakan kapasitas Cak Imin yang hadir dalam pertemuan itu, entah sebagai pimpinan DPR maupun Ketum PKB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com