Kompas.com - 07/02/2022, 14:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap, sebanyak 37 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali masuk ke level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Angka ini meningkat signifikan mengingat pada minggu lalu hanya ada 3 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang masuk ke level 3.

"Dari segi level PPKM kita melihat bahwa beberapa daerah ada penambahan jadi level 4 masih 0, di level 3 kita lihat ada 37 kabupaten/kota, level 2 ada 259, dan level 1 ada 90 kabupaten/kota," kata Airlangga dalam konferensi pers daring, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Luhut: Jabodetabek, DIY, Bali, dan Bandung Raya Akan Berstatus PPKM Level 3

Airlangga tak merinci 37 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 3 itu.

Namun, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 7 Tahun 2021 yang terbit pada 31 Januari 2022, tiga daerah yang masuk level 3 yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kota Jayapura.

Airlangga mengatakan, angka reproduksi kasus Covid-19 di beberapa daerah di luar Jawa belakangan memang mengalami kenaikan.

Di Kalimantan, angkanya naik 1,02, Maluku naik 1,12, Papua naik 1,07, Nusa Tenggara naik 1,04 dan Sulawesi naik 1,02.

Baca juga: Menkes: Angka Keterisian Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Lewati 18.000

Kemudian, kasus konfirmasi Covid-19 harian di luar Jawa-Bali berada di angka 6,7 persen atau total 2.405 kasus. Sementara, kasus aktif mencapai 13.424 atau 7 persen.

"Kalau kita lihat keterpakaian tempat tidur atau BOR (bed occupancy rate) di luar Jawa yang tertinggi itu di Sulawesi tenggara 15 persen, Sumatera Selatan 11 persen, kemudian Lampung 11 persen, Kalimantan Selatan 10 persen, Bengkulu 10 persen, sisanya di bawah 10 persen," papar Airlangga.

Airlangga melanjutkan, saat ini angka keterisian tempat tidur di fasilitas isolasi terpusat di luar Jawa-Bali mencapai 1,09 persen atau terisi 303 tempat tidur. Sementara, total yang disediakan sebanyak 27.766 tempat tidur.

"Tadi arahan bapak presiden untuk gejala ringan itu akan didorong, OTG dan ringan itu isolasi terpusat atau isolasi di rumah masing-masing ataupun isolasi mandiri apabila memenuhi persyaratan," kata Koordinator PPKM luar Jawa-Bali itu.

Terkait capaian vaksinasi di luar Jawa-Bali, lanjut Airlangga, baru 2 provinsi yang melewati angka 70 persen, dan 2 provinsi mendekati 70 persen.

"Baru Kepulauan Riau yang 85,6 persen dan juga Kalimantan Timur 71,2 persen, Bangka Belitung 68,3 persen, dan Kalimantan Utara 65,9 persen. Sisanya dibawah 60 persen," kata dia.

Baca juga: Luhut ke Kelompok Antivaksin: Anda Tanggung Jawab kalau Ada yang Meninggal karena Tak Divaksin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.