Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komandan Korps Marinir Resmi Dijabat Mayjen Widodo Dwi Purwanto

Kompas.com - 07/02/2022, 13:45 WIB
Achmad Nasrudin Yahya,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memimpin serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayjen Suhartono kepada Mayjen Widodo Dwi Purwanto di lapangan apel Markas Komando Korps Marinir, Jakarta Pusat, Senin (7/2/2022).

Widodo Dwi Purwanto sebelumnya menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL. Sedangkan Mayjen Suhartono selanjutnya menjabat Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) di Surabaya, Jawa Timur.

Sementara itu, Yudo menyatakan, sebagai bagian dari TNI dan TNI AL, sejarah telah membuktikan bahwa Korps Marinir memiliki loyalitas tinggi dan tegak lurus sesuai komando yang diberikan satuan atas.

"Sebagai kotama (komando utama) operasi, penggunaan kekuatan Marinir sesuai perintah Panglima TNI, tetapi di dalam pembinaan di bawah Kepala Staf Angkatan Laut," kata Yudo dalam keterangan tertulis, Senin siang.

Baca juga: Kini Emban Dankodiklatal, Komandan Korps Marinir Pamitan ke Prajurit Baret Ungu


Yudo mengatakan, sejak 2019, korps baret ungu ini sudah berstatus sebagai kotama operasi dan kotama pembinaan.

Ke depan, kata Yudo, pihaknya ingin menjadikan Korps Marinir sebagai satuan yang modern dan profesional dalam hal pembinaan.

"Sedangkan penggunaan kekuatannya oleh Panglima TNI baik untuk tugas-tugas operasi militer perang maupun operasi militer selain perang," kata Yudo.

Terkait alat utama sistem persenjataan (alutsista) Korps Marinir, Yudo mengatakan secara bertahap akan terus dibenahi dan dimodernisasi.

"Ke depan, Korps Marinir harus memiliki peralatan dan persenjataan yang modern. Kita sudah mengajukan ke Kemenhan untuk memodernisasi peralatan dan persenjataan Korps Marinir yang sudah tua," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com