Kemenkes Ingatkan Vaksinasi Covid-19 Tak Cukup Hanya Satu Dosis

Kompas.com - 18/01/2022, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk melanjutkan pemberian dosis kedua di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Nadia mengatakan, jika hanya divaksinasi satu dosis tidak akan cukup untuk memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

"Kita berharap juga bahwa masyarakat yang sudah mendapatkan dosis pertama ini segera untuk mengakses dosis kedua karena tidak cukup dengan hanya satu dosis saja," kata Nadia dalam diskusi secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 Tembus 1.000, Luhut: Penegakan Prokes-Vaksinasi Itu Sangat Penting

Bahkan, Nadia mengatakan, pemerintah sudah mulai memberikan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas yang bertujuan untuk meningkatkan antibodi.

"Jadi jangan sampai kemudian kita menunda-nunda vaksin dosis kedua atau bahkan menunda dari dosis pertama," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, saat ini, pemerintah terus meningkat laju vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang baru mencapai 45 persen untuk dosis kedua.

"Baru 45 persen atau sekitar 10 juta yang dapatkan secara lengkap," ucap dia.

Baca juga: Hadapi Omicron, Menkes Percepat Vaksinasi Booster di Jabodetabek

Adapun pemerintah telah menetapkan sasaran vaksinasi untuk mencapai yaitu 208.265.720 orang.

Berdasarkan data Kemenkes per 17 Januari 2022, pukul 18.00 WIB, jumlah orang yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis kedua sebanyak 120.141.288 atau 57,69 persen dari total target vaksinasi.

Sementara itu, jumlah orang yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 176.901.692 orang atau 84,94 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.