Kompas.com - 13/09/2021, 21:33 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (DOK. KEMENKO MARVES) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan alasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih terus berlangsung.

Menurutnya, jika kebijakan PPKM ditiadakan akan berpotensi terjadi gelombang kasus Covid-19.

"Jadi PPKM ini adalah alat kita untuk memonitor ini. Karena kalau dilepas, tidak dikendalikan, terus bisa ada gelombang (penularan Covid-19) berikutnya," ujar Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa Bali dalam konferensi pers pada Senin (13/9/2021) malam.

"Kita sudah lihat pengalaman di banyak negara. Kita tak ingin mengulangi kesahalan yang dilakukan di berbagai negara lain," tegasnya.

Baca juga: Diperpanjang, Ini Penyesuaian Aturan PPKM Periode 14-20 September

Sehingga dalam kesempatan ini, Luhut kembali menjawab pertanyaan masyarakat tentang sampai kapan PPKM akan terus dilakukan.

Dia menegaskan, pelaksanaan PPKM di Jawa-Bali maupun luar Jawa/Bali akan terus dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM level ini di seluruh wilayah Jawa-Bali dan nanti saya kira Pak Airlangga juga sampaikan di luar Jawa-Bali akan sama," tutur Luhut.

Adapun selama PPKM diberlakukan, nantinya akan ada evaluasi setiap seminggu sekali.

"Melakukan evaluasianya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini kembali memperpanjang PPKM Jawa-Bali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.