Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari 250 orang warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di California Selatan, Amerika Serikat (AS) mendapat suntikan vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi tersebut diikuti oleh masyarakat atau diaspora serta mahasiswa dan pelajar Indonesia yang ada di wilayah tersebut.

"Program vaksinasi diselenggarakan tanpa memperhatikan status keimigrasian WNI dan diberikan secara cuma-cuma," ujar Konjen RI-Los Angeles Saud P Krisnawan, dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri, Rabu (14/4/2021).

Kegiatan vaksinasi tersebut diselenggarakan oleh KJRI Los Angeles yang bekerja sama dengan pemerintah San Bernardino County pada Minggu (11/04/2021) dan digelar di United Indonesian Seventh-day Adventist Church (UNISDAC), Fontana, San Bernardino County.

Baca juga: Soal Embargo Vaksin AstraZeneca, Bio Farma Minta Kemenlu Berdiplomasi dengan India

Saud mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut selaras dengan upaya pemerintah San Bernardino County menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan komunitas yang bermukim di kawasan tersebut untuk mendapatkan vaksinasi.

"Para WNI dan diaspora mendapatkan vaksin Pfizer dan dijadwalkan untuk pelaksanaan vaksinasi kedua pada 2 Mei 2021, di tempat yang sama," kata Saud.

Adapun pemilihan San Bernardino County sebagai tempat pelaksanaan vaksin dikarenakan kawasan tersebut merupakan konsentrasi terbesar WNI di California Selatan.

Pemerintah Negara Bagian California sendiri memberikan vaksin Covid-19 secara terbatas dengan skala prioritas.

Antara lain bagi petugas medis, penegak hukum, lansia, orang dengan penyakit tertentu dan prioritas lainnya.

Vaksinasi bagi kalangan umum di sana baru mulai dilakukan pada 15 April 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.