Kompas.com - 14/07/2020, 22:57 WIB
Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comDirektur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting Deni Irvani menyatakan, dari 26 persen masyarakat yang mengetahui adanya pembahasan RUU Cipta Kerja, mayoritas memberikan dukungan.

Dari 26 persen masyarakat yang mengetahui itu, sebanyak 52 persen mendukung dan 37 persen menolak. Adapun 11 persennya menyatakan tidak tahu.

Hal itu merupakan temuan dari survei SMRC tentang RUU Cipta Kerja yang dirilis secara virtual, Selasa (14/7/2020).

"Dari 26 persen yang tahu RUU Cipta Kerja, ada 52 persen yang mendukung pengesahan RUU tersebut, dan yang tidak mendukung sekitar 37 persen," kata Deni.

Baca juga: Survei SMRC: 74 Persen Masyarakat Belum Tahu Ada RUU Cipta Kerja

Dari 52 persen yang setuju terhadap RUU Cipta Kerja, mayoritas menilai karena RUU tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, mereka yang mendukung RUU Cipta Kerja menilai RUU tersebut dapat meningkatkan kemudahan berusaha.

Kendati demikian, ia menyayangkan masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui pembahasan RUU Cipta Kerja.

Hal itu menunjukkan pemerintah masih harus mengoptimalkan sosialisasi RUU tersebut.

"Ini merupakan hal mendasar yang harus dibenahi oleh pemerintah dan DPR. Dilihat dari pentingnya akuntabilitas kebijakan, RUU ini harus diketahui oleh lebih banyak warga," ucap Deni.

Baca juga: Ini Alasan Kelompok Buruh Mundur dari Tim Teknis Pembahasan RUU Cipta Kerja

Survei ini dilakukan SMRC pada 8-11 Juli. Survei dilakukan lewat telepon dengan metode simple random sampling.

Data responden didapat dari wawancara tatap muka pada survei-survei sebelumnya yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun margin of error survei diperkirakan +/-2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X