Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Tenaga Medis dari Pusat Bantu Daerah Tangani Covid-19

Kompas.com - 29/06/2020, 11:33 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Icha Rastika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta tenaga medis pemerintah pusat diperbantukan ke daerah luar Jakarta yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Bisa saja dilakukan dengan menambah personil dari pusat atau tenaga medis dari pusat untuk provinsi-provinsi di luar DKI yang menunjukan tren penyebaran yang masih tinggi," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020).

Ia juga meminta provinsi yang masih mengalami lonjakan kasus Covid-19 dibantu dengan peralatan dan fasilitas medis yang memadai.

Baca juga: Sebaran 1.198 Kasus Baru Covid-19, Jatim Tertinggi dengan 330 Pasien

Dengan demikian, mereka bisa merawat dan mengobati pasien positif Covid-19 sehingga semakin mempercepat proses penyembuhan.

"Karena kalau tidak kita lakukan sesuatu, dan kita masih datar seperti ini, ini enggak ada pergerakan yang signifikan," kata dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyampaikan, ada penambahan 1.198 kasus Covid-19 pada Minggu (28/6/2020).

Dengan demikian, hingga Minggu, ada 54.010 kasus Covid-19 di Tanah Air, terhitung sejak diumumkannya kasus pertama oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

"Hasil pemeriksaan hari ini, positif (virus corona) meningkat sebanyak 1.198 sehingga totalnya menjadi 54.010," kata Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Minggu sore.

Berdasarkan data yang dipaparkan Yuri, kasus baru Covid-19 tersebar di 25 provinsi.

Baca juga: Jokowi: Jangan Ada Lagi Ambil Paksa Jenazah yang Jelas-jelas Covid-19

Penambahan kasus baru tertinggi ada di provinsi Jawa Timur dengan 330 kasus. Diikuti Sulawesi Selatan dengan penambahan 192 kasus baru.

Kemudian, Jawa Tengah bertambah 188 kasus baru, DKI Jakarta melaporkan 125 kasus baru, dan Kalimantan Selatan bertambah 73 kasus baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com