UPDATE WNI di Luar Negeri: 138 Orang Positif Covid-19, 27 Sembuh

Kompas.com - 01/04/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi penyebaran virus corona ShutterstockIlustrasi penyebaran virus corona
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar baik terkait kondisi warga negara Indonesia ( WNI) yang positif terjangkit Covid-19 di luar negeri.

Jumlah WNI yang dinyatakan sembuh kini menjadi 27 orang, setelah bertambah 13 kasus yang telah dinyatakan sembuh.

Meski demikian, masih terjadi penambahan kasus positif baru di sejumlah negara. Sehingga, saat ini total kasus positif mencapai 138 kasus.

"Confirmed cases Covid-19 WNI di luar negeri total 138 orang," tulis keterangan resmi Kemlu melalui akun Twitter mereka, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Pemerintah Kembali Tegaskan Beri Perlindungan ke WNI di Negara Terjangkit Covid-19

Dijelaskan, sebanyak 10 kasus sembuh terdapat di India. Seperti diketahui, sebelumnya terdapat 14 kasus positif di negara tersebut.

Dengan jumlah tersebut, kini masih ada empat WNI yang dirawat di India dengan kondisi stabil.

WNI yang sembuh juga diketahui terdapat di Belanda. Sehingga saat ini sudah dua WNI di negara tersebut yang dinyatakan sembuh. Untuk diketahui, ada tiga WNI yang sebelumnya terjangkit positif Covid-19 di sana.

"Satu (WNI masih dirawat dalam kondisi) stabil," tulis keterangan itu.

Kondisi yang sama juga terjadi di Malaysia dan Singapura, dimana masing-masing ada satu WNI baru yang dinyatakan sembuh.

Untuk diketahui, terdapat 34 kasus positif di Malaysia. Saat ini, masih ada 32 WNI yang menjalani perawatan dan dalam kondisi stabil. Sedangkan satu WNI lainnya meninggal dunia.

Adapun di Singapura juga terdapat 34 kasus WNI positif. Dengan penambahan kasus sembuh, saat ini total sudah ada 4 WNI yang menjalani perawatan intensif di Negeri Singa itu yang sembuh.

Baca juga: Tambah 8 Pasien, RS Darurat Covid-19 Kemayoran Kini Rawat 428 Pasien

Di lain pihak, ada pula penambahan satu kasus yang perlu mendapat perawatan khusus, sehingga total menjadi tiga kasus.

Adapun yang masih menjalani perawatan dan dalam kondisi stabil sebanyak 26 orang, serta satu orang meninggal dunia.

Sementara itu, penambahan kasus tercatat masing-masing dua kasus di Australia dan Vatikan. Saat ini, tercatat ada empat kasus positif di Australia dan tujuh kasus positif di Vatikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X