Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Targetkan Indonesia Tembus 2 Besar SEA Games 2019

Kompas.com - 27/11/2019, 17:36 WIB
Ihsanuddin,
Krisiandi

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berharap kontingen Indonesia bisa memperbaiki prestasi pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Filipina.

Pada ajang yang sama pada 2017 di Malaysia, Indonesia hanya finis di posisi lima besar. Indonesia hanya meraih 38 keping medali emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

Jokowi berharap, 841 atlet yang tampil di Filipina bisa melewati raihan di Malaysia.

Baca juga: Di Bawah Guyuran Hujan, Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2019

"Saya minta di SEA Games 30 di Filipina tahun ini kita harus masuk ke dua besar," kata Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia di Istana Bogor, Rabu (27/11/2019).

"Siap? siap? siap?" kata Jokowi kepada para atlet yang berada di hadapannya.

"Siap," jawab para atlet kompak.

Sejumlah atlet mengikuti acara pelepasan atlet untuk SEA Games 2019 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019). Presiden secara resmi melepas 841 atlet Indonesia untuk berlaga pada ajang olahraga terbesar Asia Tenggara, SEA Games 2019, di Manila, Filipina. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Sejumlah atlet mengikuti acara pelepasan atlet untuk SEA Games 2019 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11/2019). Presiden secara resmi melepas 841 atlet Indonesia untuk berlaga pada ajang olahraga terbesar Asia Tenggara, SEA Games 2019, di Manila, Filipina. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.
Jokowi menyadari target tersebut bukan hal yang mudah dicapai. Namun, ia mengatakan bahwa para atlet berangkat ke Filipina mewakili 267 juta rakyat Indonesia. Untuk itu, ia meminta para atlet berjuang dengan maksimal.

Baca juga: Indonesia Kekurangan Dana untuk Kirim Atlet ke Sea Games 2019 di Manila

"Saya tahu perjuangan kalian didukung rakyat Indonesia akan memberikan sebuah semangat tersendiri untuk meraih medali sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Total, Indonesia mengirimkan 841 atlet untuk bersaing di SEA Games di Filipina. Mereka akan bertanding pada 51 cabang olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com