Tanggapan Kapolda Sumsel Lolos Tahap Profile Assessment Capim KPK

Kompas.com - 24/08/2019, 07:32 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli di ruang Rupatama Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri), Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli di ruang Rupatama Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri), Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019).
Penulis Devina Halim
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bauri menjadi salah satu anggota Polri yang lolos tahap profile assessment seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Menanggapi kelolosannya, Firli pun mengucapkan terima kasih dan percaya bahwa segala sesuatu merupakan kehendak Allah SWT.

"Terima kasih perhatiannya. Kita hanya berupaya dan tidak ada kesiapan. Kita hanya percaya bahwa segala sesuatunya terjadi atas kuasa dan kehendak Allah SWT karena Allah SWT Maha Berkuasa lagi Maha Berkehendak," ujar Firli ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: KPK Ungkap Kepatuhan LHKPN Capim KPK yang Lolos Profile Asssessment

Ke depannya, ia mengaku tetap optimistis dan berusaha maksimal dalam mengikuti tahapan selanjutnya.

"Semua atas kuasa dan kehendak-Nya. Jadi kita hanya berkewajiban berupaya, karena itu kewajiban kita untuk berupaya dan menyempurnakan ikhtiar," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menyampaikan, 20 orang dinyatakan lolos tes "profile assessment" capim KPK masa jabatan 2019-2023.

Peserta terbanyak berasal dari anggota Polri empat orang, kemudian akademisi/dosen sejumlah tiga orang, dan jaksa dua orang.

"Sebanyak 20 peserta yang lolos ini wajib melanjutkan seleksi ke tahapan selanjutnya, yaitu tes kesehatan, wawancara, dan uji publik," ujar Yenti di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Baca juga: Pansel Capim KPK: Kami Enggak Ada Kuota untuk Polisi

Tahapan tes kesehatan pada 26 Agustus di RSPAD Gatot Subroto. Adapun tes wawancara serta uji publik dilaksanakan pada 27-29 Agustus di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X