Riza Patria: Jika Diberi Kursi Ketua MPR, Gerindra Anggap Itu Kehormatan

Kompas.com - 25/07/2019, 23:22 WIB
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKetua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria saat ditemui di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Bidang Kajian Kebijakan Politik Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi partainya jika kader Gerindra diberikan kesempatan menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. 

"Ya tentu kalau diberi kesempatan berdasarkan musyawarah mufakat untuk mendapatkan kursi ketua MPR itu sebuah kehormatan. Itu suatu kesempatan yang baik dan tentu Gerindra akan membawa MPR lebih baik lagi," ujar Riza saat menghadiri diskusi publik KNIP, Jakarta Pusat, Kamis (25/7/2019).

Baca juga: Jelang Akhir Masa Bakti, MPR Mendadak Sibuk

Gerindra, lanjut dia, juga akan memberikan terobosan program baru yang sempat tertunda pada MPR periode 2014-2019, seperti Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).


Ia berharap, GBHN bisa menjadi pijakan pemerintah untuk membangun negara yang merepresentasikan kepentingan masyarakat. 

"Kalau memang diberi kesempatan, Gerindra akan memastikan adanya GBHN itu kuat sehingga pijakan dan sistem pemerintah yang telah dirancang itu merepresentasikan kepentingan Indonesia, bukan partai pendukung, bukan kepentingan kelompok, melainkan kehendak rakyat," papar dia.

Riza juga mengaku telah menyodorkan program kerja sama dari Gerindra kepada PDI Perjuangan di tingkat legislasi, tepatnya di MPR.

Namun demikian, Riza enggan merincikan program kerja sama seperti apa yang ditawarkan Gerindra di tingkat legislasi.

Baca juga: Soal Calon Ketua MPR, Cak Imin: Sudah Saling Tahu, Tinggal Cocok-cocokan

Sebelumnya, Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI Fary Djemy Francis mengungkapkan, partainya telah menyiapkan sejumlah kader untuk menjadi kandidat Ketua MPR periode 2019-2024, salah satunya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang saat ini juga menjabat Wakil Ketua MPR.

"Ya sudah dong (persiapkan kader). Salah satunya Pak Muzani," ujar Fary di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Partai Gerindra menyiapkan sejumlah konsep program untuk ditawarkan kepada pemerintahan baru Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Bahkan, Gerindra juga akan menyiapkan kadernya untuk menjalankan konsep program itu apabila Jokowi-Ma'ruf menerimanya.

Konsep program tersebut dibahas dalam rapat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama seluruh dewan pembina partai di kediamannya, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/7/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X