Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[VIDEO] Hoaks dan Fakta Pilihan Pekan Ini, 13-19 Mei 2019

Kompas.com - 20/05/2019, 17:25 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

KOMPAS.com – Beragam informasi tersebar secara bebas di media sosial, baik informasi dari sumber kredibel dan berdasar, maupun dari sumber yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Pekan ini, terdapat begitu banyak hoaks dan kekeliruan informasi yang beredar di media sosial. Dari sekian banyak yang terkonfirmasi, Kompas.com mengumpulkan lima informasi hoaks juga klarifikasi pilihan yang beredar pekan ini.

Lima informasi tersebut begitu beragam, mulai dari ranah politik, sosial, hukum, juga pelayanan transportasi publik.

Salah satunya video tentang seekor buaya yang terlihat tengah menggigit kaki manusia di mulutnya, dalam keterangan, video disebut terjadi di Bekasi, Jawa Barat. Setelah dikonfirmasi, rupanya peristiwa tersebut terjadi di Sulawesi Tenggara.

Ada juga soal penanganan kasus makar. Kasus ini diwarnai isu SARA, sebab polisi dianggap menangani kasus ancaman terhadap Presiden Joko Widodo secara berbeda.

Baca juga: [KLARIFIKASI] Penjelasan Polri Dituding Tak Adil Tangani Kasus Makar karena Isu SARA

Semua informasi hoaks atau fakta pilihan pekan ini telah kami rangkum dalam video berikut:

Kunjungi Hoakas atau Fakta Kompas.com untuk menemukan informasi lain seputar hoaks atau fakta yang terjadi di sekitar Anda.

Di sana, Anda juga bisa turut aktif melawan hoaks dengan cara melaporkan temuan informasi yang Anda yakini sebagai sebuah hoaks, tentunya dengan disertai bukti yang menguatkan.

Baca juga: [HOAKS] BPJS Beri Bantuan Lebaran untuk Peserta Sebesar Rp 2 Juta

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com