Calon Jemaah Lansia Dapat Alokasi Khusus dari Tambahan 10.000 Kuota Haji

Kompas.com - 23/04/2019, 15:22 WIB
Rapat dengar pendapat Komisi VIII dengan Kementerian Agama untuk membahas tambahan kuota haji di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/4/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Rapat dengar pendapat Komisi VIII dengan Kementerian Agama untuk membahas tambahan kuota haji di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/4/2019).
Penulis Jessi Carina
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama menyepakati pembagian proporsi penggunaan tambahan kuota haji sebanyak 10.000 yang baru saja diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tambahan kuota 10.000 orang itu akan dibagi untuk seluruh provinsi di Indonesia. 

Dalam pembagian itu, ada alokasi khusus untuk calon jemaah haji yang sudah lanjut usia.

"10.000 tambahan jemaah ini akan kita distribusikan secara proporsional sesuai dengan kuota masing-masing provinsi," ujar Lukman di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Cerita di Balik Jokowi Masuk Kakbah dan Tambahan 10.000 Kuota Haji...

Pembagian proporsi ini disepakati dalam rapat bersama Komisi VIII DPR. Lukman mengatakan kuota setiap provinsi ditentukan berdasarkan penghitungan satu per mil dari jumlah populasi muslim di sebuah provinsi.

"Maka 10.000 tambahan kuota ini akan dibagikan didistribusikan dengan pendekatan proporsionalitas, seperti tadi masing-masing kuota itu," kata Lukman.

Setelah dibagi secara proporsional ke masing-masing provinsi, 50 persen kuota tersebut akan diberikan untuk calon jemaah reguler. Kuota ini akan diberikan berdasarkan antrean mereka.

Sementara itu sebanyak 25 persen akan diberikan kepada calon jemaah lansia. Sisa 25 persen lain akan diberikan untuk pendamping calon jemaah lansia itu.

"Dengan demikian itulah yang akan menggunakan kuota 10.000 tambahan ini," kata Lukman.

Hitung-hitungannya, pembagian untuk lansia disesuaikan dengan tambahan kuota haji di setiap provinsi.  

Baca juga: Menag: Tambahan 10.000 Kuota Haji Dibagi untuk Seluruh Provinsi

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi kembali menambah kuota jemaah haji asal Indonesia sebesar 10.000 orang. Dengan demikian, kuota jemaah haji asal Indonesia dari 221.000 jemaah, bertambah menjadi 231.000 jemaah.

Diketahui, penambahan kuota haji, merupakan salah satu topik pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dengan Putra Mahkota Kerajaan Saudi, Muhammad bin Salman, Minggu (14/4/2019) malam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X